Buntut Pemecatan 4 Buruh, Ratusan Massa Kepung Pabrik PT Lotus

PT Lotus nganjuk
Ratusan massa saat beraksi di depan pabrik PT Lotus Indah Textile Industry, Nglundo, Sukomoro, Nganjuk, Kamis 18 Mei 2017 (matakamera/foto : ist)
Kamis 18 Mei 2017 |
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Ratusan massa yang terdiri dari karyawan dan buruh kontrak pabrik tekstil PT Lotus Indah Textile Industry, Nglundo, Sukomoro, Nganjuk, berunjuk rasa Kamis pagi 18 Mei 2017. Mereka berkumpul di pintu gerbang pabrik, sambil berorasi dan membentangkan poster tuntutan.

Aksi unjuk rasa itu dilakukan sebagai bentuk protes, karena empat karyawan kontrak yang dipecat oleh PT Mulia Diva, rekanan outsourching PT Lotus Indah Textile Industry. Alasannya, keempat buruh tersebut masuk sebagai pengurus KSBSI Hukatan. “(pemecatan) Ini sepihak,” kata Sutik, koordinator aksi.

Massa menuntut PT Lotus bisa mengangkat karyawan kontrak yang ikut dalam outsourching PT Mulia Diva menjadi karyawan tetap. Selain itu, mereka juga menyampaikan tuntutan pemberian izin cuti haid dan hamil, tunjangan sakit, hingga hak memperoleh BPJS.

Menanggapi aksi tersebut, Kepala Operasional PT Lotus Indah Textile Emil Susanto mengatakan, pihaknya tidak memecat keempat karyawan kontrak dari PT Mulia Diva, karena status keempatnya bukan karyawan PT Lotus. Sehingga, masalah tersebut dikembalikan kepada pihak outsourching penyedia tenaga kerja. "Namun kami bisa menjadi mediator antara PT Mulia Diva dengan pekerja,"kata Emil.

Pihaknya juga masih menggunakan tenaga outsourching, karena  masih diperbolehkan oleh undang undang. Rencananya, massa akan terus melakukan aksi demo hingga tiga hari kedepan, dan akan diteruskan ke DPRD Kabupaten Nganjuk. (ab/hs/2017)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname