Khofifah Bangga, Kemensos Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2017

khofifah
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menerima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, yang diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB Asmas Abnur, di Gresik, 20 Mei 2017 (matakamera/foto : Stafsus Mensos)
Sabtu 20 Mei 2017
Edited by Panji Lanang Satriadin

"Risol Gepeng Mas" Sabet Top 99 dari KemenPAN-RB

matakamera, Gresik - Kementerian Sosial berhasil menyabet Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017, yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)

Program tersebut yakni Rehabilitasi Sosial Luar Panti bagi Gelandangan dan Pengemis di Masyarakat (RISOL GEPENG MAS). Program ini diprakarsai Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur Bekasi yang notabene merupakan UPT di bawah Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur kepada Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Gelora Joko Samudro, Gresik, Sabtu malam 20 Mei 2017.

"Inovasi yang dilakukan Kemensos ini menjadi cara untuk mendorong percepatan pembangunan secara efektif dan efisien, khususnya dalam upaya menyelesaikan berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan," ungkap Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Menteri yang juga Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama ini merasa bangga atas prestasi kinerja jajarannya di Kemensos RI.

Khofifah menerangkan, program inovatif “Risol Gepeng Mas” merupakan alternatif untuk memberikan jawaban terhadap terbatasnya daya tampung pelayanan dalam panti yang dapat diberikan Kementerian Sosial kepada gelandangan dan pengemis.

"Melalui model pelayanan luar panti berbasis masyarakat ini, program ini menyentuh lebih banyak gelandangan dan pengemis tanpa dibatasi oleh daya tampung panti, jam kerja dan waktu pelayanan," tuturnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, program inovatif ini juga dinilai berhasil meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dan pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan sosial gelandangan dan pengemis."Permasalahan sosial tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah, butuh peran serta swasta dan masyarakat," imbuhnya.

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017.

Top 99 ini terdiri dari 20 kementerian, 3 lembaga, 21 provinsi, 34 kabupaten, 15 kota, 2 BUMN, dan 4 BUMD. Kompetisi inovasi pelayanan publik ini merupakan agenda tahunan, yang diselenggarakan sejak tahun 2014. (ab/ads/2017)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname