Badan POM Sidak ke Alun-Alun Nganjuk, Temukan Jajanan Mengandung Pewarna Pakaian

Tim Badan POM dan Disperindag Kabupaten Nganjuk saat memeriksa aneka jajanan yang dijual di kawasan Alun-Alun Nganjuk, Rabu 30 Mei 2018 (ist)
Kamis 31 Mei 2018
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) provinsi Jawa Timur, bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk, melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pedagang makanan siap saji untuk berbuka puasa, di kawasan Alun-Alun Nganjuk, Rabu 30 Mei 2018.

Tim menyisir para pedagang makanan di sisi utara alun-alun, tepatnya sepanjang Jalan Pramuka, depan SMP Negeri 1 Nganjuk. Satu persatu dagangan dibeli, guna dilakukan tes, dari 48 sample yang dilakukan tes, ada salah satu makanan jenis kerupuk yang menggunakan zat pewarna pakaian.

Kabid Pengujian dan Bahan Berbahaya BPOM Jatim, Edi Kusumastuti, mengatakan, zat pewarna makanan apabila dikonsumsi terus-menerus mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh manusia.

“Diharapkan para penjual, untuk membeli bahan pangan sesuai dengan pertunjuk yang ada. Karena bahan-bahan tersebut sudah ada di toko bahan makanan,” jelas Edi Kusumastuti.

BPOM hanya memberikan peringatan kepada para pedagang, yang dinilai menjual makanan yang membahayakan agar tidak di jual. BPOM berpesan kepada masyarakat agar berhati-hati dalam membeli makanan, lebih teliti, dan lebih selektif.

(ds/ab/2018)

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System