Bibit Bawang Merah Nganjuk Jadi Favorit Petani di Kota Batu

foto : ist

Sabtu 17 November 2018
by Panji LS

matakamera, Kota Batu - Berhasil memproduksi bawang merah dengan kualitas bagus, ternyata petani Kota Batu memiliki rahasia khusus.

Dilansir dari malangtimes.com, rahasia itu salah satunya adalah bibit bawang merah yang didatangkan khusus dari Nganjuk Jawa Timur.

Lalu apa alasannya petani memilih bibit bawang merah dari Nganjuk? Sebab hasil pertanian bawang merahnya sangat bagus dengan kualitas terbaik.

“Dan memang kalau orang beli di sini (kios pedagang sayur) cari bibit bawang merah Nganjuk. Gak mau yang lain,” ungkap Nur Fatkhiyatur pedagang Bawang Merah pasar unit sayur Kota Batu.

Ia menambahkan sebagian besar yang mencari bibit Ini adalah petani bawang merah yang mempercayai keunggulannya. Karena itu dalam satu bulan ia harus menyetok bibit satu ton.

Saking banyaknya petani yang memilih bawang merah Nganjuk sehingga dalam 2 minggu sekali selalu kehabisan stok. Bagaimana tidak sedikitnya para petani itu membeli 30 kilogram dalam sekali beli.

“Petani itu paling sedikit beli 30 kilogram. Tergantung luas lahan yang mau ditanamai bawang merah,” imbuhnya.

Bahkan ada juga yang membeli hingga dua kuintal. Sedang untuk harga bibit bawang merah saat ini yakni Rp 22 ribu per kilogramnya. Harga ini menyesuaikan harga jual bawang merah.

“Harga bibit ini menyesuaikan dengan kondisi harga bawang merah. Kalau tinggi ya tinggi, kalau rendah ya rendah, kalau standart ya standart,” jelas warga Kelurahan Temas Kecamatan Batu ini.

Terpisah petani Desa Junrejo Kecamatan Junrejo, Sarimum menambahkan, alasan milih bawang merah Nganjuk itu memang benar kualitasnya bagus. Hingga masa tanam dan panen kualitas yang dihasilkan tidak pernah mengecewakan.

“Setiap petani punya selera masing-masing. Tetapi pasti punya andalan, seperti saya bibit bawang merah ini paling bagus di Kota Batu,” ucap Sarimun.

(ds/ab/2018)
Share on Google Plus

About Matakamera Production

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname