Di Jombang, Jokowi Tidak Bisa Bagi-Bagi Sepeda

jombang
Presiden Joko Widodo saat bersama para pimpinan Pondok Pesantren Darul 'Ulum, Tambakrejo, Jombang, Selasa 18 Desember 2018 (foto : Twitter Joko Widodo)

Selasa 18 Desember 2018
by Panji Lanang S

matakamera, Jombang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Kabuaten Jombang, Jawa Timur, Selasa siang 18 Desember 2018.

Tak seperti ciri khasnya pada kunjungan-kunjungan daerah terdahulu, kali ini Jokowi tidak bisa mebagi-bagikan sepeda secara gratis kepada masyarakat.

Alasannya, kebiasaan itu dilarang di tahun politik. Jokowi menyampaikan itu saat mendatangi salah satu lokasi kunjungannya di Jombang, yakni Pondok Pesantren Darul 'Ulum Tambakrejo.

"Enggak, biasanya kita memberi sepeda. Tapi karena ini tahun politik memberi sepeda tidak boleh. Tidak boleh oleh aturan KPU," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikannya di depan hadirin dalam acara Peringatan Haul Syekh Abdul Qodir Jaelani dan Silaturahim Presiden RI Joko Widodo dengan pengasuh Pondok Pesantren Darul 'Ulum di Peterongan Jombang, Jatim.

Dilansir Antara, seperti biasa, saat berpidato Presiden Jokowi memanggil dua santri untuk maju ke depan. Dua orang yang maju yakni santri di Darul 'Ulum Gusti Muhammad Firdaus dan Prihartini.

Prihartini yang akrab disapa Tin diminta menyebutkan minimal tiga agama yang ada di Indonesia. "Agama Islam, Kristen, Buddha," jawab Tin.

"Nggih, sampun. Maturnuwun. Jangan minta sepeda, kenapa nengok-nengok? Foto?" tanya Presiden.

Lalu Jokowi memberikan kesempatan kepada Tin untuk berfoto bersama.

"Kalau boleh sudah saya kasih sepeda tadi. Jadi memang aturan itu harus kita jalankan. Jadi enggak boleh," kata Presiden.

Kemudian Gusti yang berasal dari Banjarmasin dan sudah selama enam tahun "nyantri" di Darul 'Ulum sejak SMP diminta menyebutkan empat nama suku dan nama tempat asalnya.

"Suku Dayak di Kalimantan. Suku Jawa di Pulau Jawa. Suku Banjar di Kalimantan. Suku Madura di Pulau Madura," ucap Gusti.

Sama seperti Tin, Gusti pun mendapatkan kesempatan untuk berfoto dengan Presiden. Keduanya memanfaatkan momentum itu dengan sangat baik seakan tidak ingin kehilangan kesempatan langka tersebut.

Untuk diketahui, selain di Ponpes Darul 'Ulum, di Jombang Presiden Jokowi juga meresmikan Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Lalu, ke Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar.

(ds/ab/2018)




Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname