Dari Lomba Yel hingga Gowes Bareng, Ribuan Peserta Meriahkan Kirab Adipura Nganjuk

Kemeriahan tampak di depan panggung utama Kirab Adipura Nganjuk 2018, yang digelar di depan Pendopo Pemkab Nganjuk, Jumat25 Januari 2019 (ist)

Sabtu 26 Januari 2019
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Prestasi Piala Adipura taun 2018 dirayakan secara gegap gempita oleh Pemkab dan masyarakat Kabupaten Nganjuk, pada Jumat 25 Januari 2019.

Prosesinya antara lain dengan melakukan Kirab Piala Adipura, yang dilepas langsung oleh Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat beserta Wakilnya, Marhaen Djumadi didampingi Forpimda Kabupaten Nganjuk.

Acara yang dipusatkan di kompleks Pendopo dan Alun-Alun Nganjuk itu juga diisi dengan berbagai event menarik.

Antara lain, lomba yel-yel kader kebersihan, lomba mewarnai siswa TK se-Kabupaten Nganjuk, hingga gowes keliling kota bareng Bupati-Wakil Bupati Nganjuk.

Rangkaian kegiatan ini dikemas secara apik oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nganjuk, sehingga menarik minat ribuan masyarakat Nganjuk telah memadati alun-alun setempat sejak pagi guna menyaksikan pawai piala adipura yang diarak keliling Kota Nganjuk.

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat bersama Wakil Bupati Marhaen Djumadi dan Forkopimda Nganjuk, ikut gowes keliling kota dalam cara Kirab Adipura Nganjuk 2018 (ist)

Kirab Adipura mengambil rute keliling jalan protokol Kota Nganjuk. Antusiasme warga tampak terlihat saat pawai melintas di jalan yang dilalui, mulai anak sekolah hingga masyarakat lain ikut memberikan sambutan meriah sepanjang jalan yang dilalui peserta Kirab Adipura.

Pemandangan menarik terlihat ketika Bupati Novi berserta unsur Forpimda juga ikut menyemarakkan dengan mengendarai sepeda onthel. Komunitas sepeda onthel yang berada di Kabupaten Nganjuk turut dilibatkan dalam kegiatan ini.

Bupati Novi dalam sambutan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat Nganjuk yang telah ikut andil dan ambil bagian dalam mendapatkan Piala Adipura.
Bupati juga mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk yang tanpa kenal lelah mewujudkan Kabupaten Nganjuk
yang bersih dan asri.

“Terima kasih dinas kebersihan dan lingkungan hidup Kabupaten Nganjuk, yang sudah bekerja keras tanpa mengenal lelah dalam menjaga Nganjuk tetap bersih dan asri,” ungkapnya.

Bupati-Wakil Bupati Nganjuk saat memberangkat peserta Kirab Adipura di depan Pendopo Pemkab Nganjuk (ist)

Untuk diketahui, Kabupaten Nganjuk mendapatkan Piala Adipura tahun 2018 dengan predikat Kota Sedang. Piala yang diperoleh kesekian kalinya ini diserahkan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Kota/Kabupaten yang mendapatkan penghargaan ini di Jakarta, Senin (14/1) lalu. Penghargaan ini merupakan program nasional yang dilaksanakan setiap tahun.

Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura adalah implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, dengan persentase pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

Pada kesempatan ini, juga diadakan syukuran atas prestasi yang telah diraih Kabupaten Nganjuk dalam mendapatkan Piala Adipura tahun 2018, yakni dengan mengadakan syukuran yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nganjuk dengan acara pemotongan tumpeng dan doa bersama.

(ds/ab/ads/2019)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname