Empat Kecamatan Diserang Angin Ribut, Gedung RSUD Kertosono Juga Kena

Proses evakuasi baliho besi raksasa yang tumbang di simpang Mengkreng, Kertosono, masih berlangsung hingga malam hari (ist)
Jumat 11 Januari 2019
by Panji LS

matakamera, Nganjuk – Serangan angin puting beliung melanda hampir seluruh kawasan timur Kabupaten Nganjuk, Jumat sore 11 Januari 2019.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk mencatat, kejadian hujan deras disertai angin kencang tersebar di empat wilayah kecamatan. Antara lain, Kecamatan Baron, Kecamatan Patianrowo, Kecamatan  Jatikalen dan Kecamatan Lengkong.

Baca juga >> Ada Pemotor Tertimpa Pohon Tumbang di Baron

Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono pada Jumat malam 11 Januari 2019 menyampaikan, rangkaian peristiwanya bermula pukul 14.40 WIB.

Saat itu, mendung tebal terpantau di wilayah Nganjuk timur. Pada pukul 15.30 WIB, Pusdalops BPBD Nganjuk mulai menerima laporan hujan disertai angin di Wilayah  Kecamatan Kertosono.

Kerusakan di bagian atap sektor D gedung RSUD Kertosono, usai diterjang angin ribut Jumat sore 11 Januari 2019 (ist)

Berikutnya hujan angin juga melanda wilayah Baron, Tanjunganom, Jatikalen dan Lengkong.

“Lalu kami menerima laporan beberapa pohon tumbang menutup jalan, sehingga TRC (Tim Reaksi Cepat) langsung terjun ke lapangan bersama instansi terkait lain,” ujar Soekonjono.

Sejumlah pohon tumbang sempat menimbulkan kemacetan di beberapa ruas jalan penghubung antar Kecamatan, seperti di Jalan Raya Baron-Kertosono, Jalan Raya Kertosono-Lengkong, Jalan Raya Baron-Lengkong dan Jalan Raya Lengkong-Patianrowo.

Baca juga >>Di Patianrowo, Enam Desa Kena Puting Beliung

Selain itu, Soekonjono juga mendapatkan laporan Padamnya aliran listrik dan dan jaringan seluler beberapa saat setelah kejadian. Setidaknya, ada 50 Pohon Rusak dan Tumbang yang tersebar di Kertosono, Baron, Lengkong, Jatikalen dan Patianrowo

Rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan tersebar di sejumlah desa dan kecamatan. Soekonjono menyebut tim BPBD bersama pihak terkait masih terus melakukan pendataan jumlahnya.

Selain rumah dan pohon, BPBD juga mencatat sejumlah gedung fasilitas publik yang ikut tedampak, antara lain atap sektor D gedung RSUD Kertosono yang tersibak, atap warung makan Bebek Sagu di Jalan Raya Baron-Nganjuk yang rusak, Baliho Besar roboh di simpang Mengkreng, Braan Kertosono roboh dansempatmenutup arus lalu-lintas, hingga gedung SMPN 2 Kertosono.

(ds/ab/2019)




Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System