Pasukan TNI AU, AL, dan Yonif 511 Ikut Amankan Pemilu di Nganjuk

Pasukan BKO TNI saat baru tiba di lapangan Makodim 0810/Nganjuk Senin 15 April 2019 (foto : Kodim Nganjuk)

Senin 15 April 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Kepala Staf Kodim 0810/Nganjuk Mayor Inf Edy Sunarko menerima kedatangan pasukan BKO TNI dari Lanud Iswahyudi Madiun, Yonif 511/DY dan TNI AL, Senin 15 April 2019.

Kedatangan pasukan militer lintas matra ini, untuk diperbantukan dalam pengalaman jalannya Pemilu serentak Rabu 17 April 2019.

 “Kedatangan pasukan BKO TNI dari Lanud Iswahyudi Madiun, Yonif 511/DY dan TNI AL adalah untuk mempertebal pengamanan di Pilpres dan Pileg yang tinggal beberapa hari lagi akan berlangsung,” ujar Mayor Edy.

Untuk diketahui, pasukan dari TNI AU dipimpin oleh Letda Lek Heri Susanto yang membawahi personel sebanyak 20 orang (2 Regu) dan dari Yonif 511/DY dipimpin oleh Kapten Inf Roihan yang membawahi pasukan sejumlah 40 orang (1 Pleton Plus) serta dari TNI AL dipimpin oleh Letda Laut (S) Khoirul Saleh yang membawahi pasukan sejumlah 20 Orang (2 Regu).

Menurut Mayor Edy, pasukan BKO TNI akan turut serta melaksanakan tugas dalam mengantisipasi perkembangan situasi yang berkembang di wilayah Kabupaten Nganjuk baik sebelum, saat pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun ini.

Dijelaskannya, personil TNI dari Kodim 0810/Nganjuk juga sudah dipersiapkan jauh sebelum dimulainya tahap persiapan Pemilu hingga dengan selesai pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg.

 “Kodim 0810/Nganjuk mempunyai wilayah yang harus diamankan pada saat sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan dan setelah pelaksanaan Pilpres dan Pileg tanggal 17 April 2019 mendatang.” Ujar Kasdim.

 Kasdim menyebutkan bahwa para personil BKO TNI itu akan melaksanakan tugas terhitung sejak 15 hingga 18 April 2019.

 ”Personil BKO ini akan ditempatkan di beberapa titik strategis di Kabupaten Nganjuk yang pada pelaksanaan kegiatannya mereka akan turut serta melakukan patroli secara rutin hingga menjelang pencoblosan sampai dengan selesai pelaksanaan Pilpres dan Pileg,” kata Kasdim.

Tugas dari satuan teritorial khususnya Kodim 0810/Nganjuk, lanjut Mator Edy, adalah membantu tugas dari aparat Kepolisian Resor Nganjuk dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilpres dan Pileg 2019.

Lebih lanjut Mayor Edy mengatakan, saat ini kondisi di wilayah Kodim 0810/Nganjuk masih dalam keadaan kondusif. Kendati demikian, pihaknya akan tetap siap siaga dikarenakan situasi politik bisa saja berubah setiap saat.

“Harapan kita Pilpres dan Pileg pada Rabu 17 April 2019 di wilayah Kabupaten Nganjuk dapat berjalan lancar dan aman,” harapnya.

Di Pilpres kali ini, para Prajurit diharapkan tetap menjunjung tinggi netralitas TNI sesuai dengan amanat Undang – Undang.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh komponen yang terkait untuk dapat bersama-sama ikut serta menyukseskan pelaksanaan Pilpres dan Pileg tahun 2019,” pungkas Kasdim.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname