Polisi Periksa Bus dan Tes Urine Sopir di Terminal Anjuk Ladang

Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman saat meninjau lokasi tes urine sopir bus di Terminal Anjuk Ladang Nganjuk, Selasa 28 Mei 2019 (ist)

Selasa 28 Mei 2019
by Panji Lanang S

matakamera, Nganjuk - Puluhan sopir bus antar kota dalam provinsi (AKDP) dan sopir bus antar kota antar provinsi (AKAP), yang masuk Terminal Bus Anjuk Ladang, pagi ini Selasa 28 Mei 2019, menjalani tes urine ini. Hal ini untuk memastikan bahwa sopir angkutan lebaran ini benar-benar bersih narkoba atau tidak.

Kegiatan tersebut digelar oleh Satlantas Polres Nganjuk, di-backup Satresnarkoba dan Satsabhara Polres Nganjuk serta Sub Den Polisi Militer TNI-AD, yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk dan Provinsi Jawa Timur, BNN Kabupaten Nganjuk, Rumah Sakit Bhayangkara Moestadjab Nganjuk, serta Klinik Pratama Polres Nganjuk.

Satu-persatu dites kesehatannya oleh petugas Klinik Pratama. Selanjutnya mereka mengambil toples kecil yang sudah disiapkan oleh BNN Kabupaten Nganjuk. Toples berisi urine, selanjutnya diperiksa oleh petugas Rumah Sakit Bhayangkara.

Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta mengatakan, dalam tes urine ini, tidak ada pengecualian, semua sopir bus wajib menjalani tes. Pihaknya tidak segan-segan menindak tegas para sopir bus yang kedapatan mengkonsumsi narkoba.

Menurut kapolres, Sejauh ini, hasil tes yang dilakukan semua sopir negatif menggunakan narkoba. Dan secara bertahap semua sopir bus yang berhenti di terminal akan kami tes, tidak ada pengecualian.

Selain melakukan tes urine kepada sopir dan awak bus lainnya, kata Dewa, petugas gabungan juga memeriksa kelayakan bus.

Misalnya rem, kopling dan ban. Hasilnya semuanya masih layak dan siap untuk angkutan mudik dan balik lebaran.

Pengaruh narkoba, lanjutnya, sangatlah berbahaya jika dikonsumsi masyarakat, khususnya para sopir angkutan. Karena bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudikan kendaraannya hingga menyebabkan kecelakaan.

Hal ini disebutnya sebagai salah satu cara untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pengaruh narkoba.

Untuk ke depannya, pihaknya akan melakukan kegiatan ini kepada seluruh pengemudi angkutan umum yang berada di Kabupaten Nganjuk, sehingga akan terdeteksi para sopir yang mengkonsumsi narkoba.

Dewa menghimbau kepada para sopir khususnya dan masyarakat umumnya, jangan sekali-sekali menggunakan narkoba.

Khusus para sopir, dewa berpesan agar berhati-hati dan jangan kebut-kebutan di jalan, karena keselamatan nyawa lebih utama.

(ds/ab/2019)
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System