Bhabinkamtibmas se-Nganjuk Adu Terobosan Kreatif untuk Bantu Masyarakat

Ratusan anggota babinkamtibmas dari 20 polsek se-Kabupaten Nganjuk saat mengikuti pembekalan di Aula Mapolres Nganjuk, Rabu 26 Juni 2019 (ist)

Rabu 26 Juni 2019
by Panji Lanang S

matakamera, Nganjuk - Berbagai kegiatan inovatif dilakukan Polres Nganjuk, dalam memeringati Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019. Salah satunya, dengan menggelar lomba terobosan kreatif babinkamtibmas se-Kabupaten Nganjuk.

Terkait hal ini, sebanyak 284 Babinkamtibmas menerima pembinaan langsung dari Tim Pusdik Binmas Mabes Polri, Rabu 26 Juni 2019 di Aula Mapolres Nganjuk.

Selain mendapat pembekalan, sebanyak 20 Babinkamtibmas sebagai perwakilan tiap polsek, mengikuti lomba adu program dan terobosan kreatif masing-masing.

Ratusan anggota Bhabinkamtibmas ini dibekali langsung oleh AKBP Sigit Widagdo, salah satu tim penyuluh dari Mabes Polri. Mereka diberikan teknik dasar penyuluh yang menggugah.

Menurut AKBP Sigit, pembekalan ini penting agar Binmas bisa menjadi fungsi idola.

Sigit mengatakan, sudah lazim jika fungsi lantas (lalu lintas) dan fungsi reskrim (reserse kriminal) lebih diminati banyak anggota. Karena itu, agar fungsi binmas menjadi idola seperti fungsi lainnya, bhabinkamtibmas harus berbuat sesuatu yang inovatif dan baru.

Dijelaskan pula bahwa fungsi dasar binmas adalah penyuluhan dan pembinaan. Tugas anggota fungsi Binmas dan Bhabinkamtibmas salah satunya harus bisa membuat orang tertawa dan nyaman.

Dengan kehadiran babinkamtibmas, orang yang kehilangan harapan menjadi penuh semangat, orang yang putus asa bisa bangkit.

Usai pembekalan, kegiatan dilanjutkan dengan adu program dan terobosan Bhabinkamtibmas. Ditunjuk sebagai dewan juri masing-masing adalah Wakapolres Nganjuk Kompol David Triyo Prasojo, Kasat Lantas AKP AM Rido Ariefianto, dan Iptu Nicholas Bagas Yudi Kurnia, calon kasatreskrim yang baru.

Materi yang dilombakan berkaitan dengan program atau terobosan Bhabinkamtibmas dalam mengelola wilayah binaannya.

Salah satu peserta, Bripka Veddy Hari K, mengusung tema terobosan dan inovasinya sebagai Bhabinkamtibmas Desa Mlilir Kecamatan Berbek dengan progran BAPER (Bantuan peduli Masyarakat).

Bripka Veddy Hari K merelakan tunjangan sebagai Bahbinkamtibmas untuk tidak diambil untuk kebutuhan keluarga namun,dipergunakan untuk memberikan bantuan pada warga yang masih membutuhkan bantuan.

Saat presentasi di depan dewan juri, Bripka Verdy mengatakan, sebulan sekali ada lima janda atau duda, atau anak yatim usia SD yang diberinya bantuan, dengan sumber dana dari tunjangan pribadi.

Sementara itu, Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta berharap, ke depan fungsi Binmas polri semakin menjadi idola bagi anggotanya. Selain itu, anggota Bhabinkamtibmas semakin terdepan dalam mengemban tugas pembinaan di desa.

Tidak menutup kemungkinan, lomba program babinkamtibmas ini akan diadopsi sebagai program unggulan Polres Nganjuk. Karena selain menciptakan lapangan pekerjaan, terbukti program para Bhabinkamtibmas ini telah memberikan bimbingan serta modal usaha dan pengetahuan kepada masyarakat.

Menurut AKBP Dewa, kehadiran bhabinkamtibmas tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman, tetapi juga secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan melalui potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname