Layanan Terbaru di RSUD Kertosono Jadi Andalan


Senin 16 September 2019

matakamera, Nganjuk - RSUD Kertosono terus berbenah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan beberapa layanan terbaru yang dapat dihandalkan olah rumahsakit milik Pemerintah Kabupaten Nganjuk ini.

Menurut Hardijono Spsi.,SE.,Msi selaku Humas RSUD Kertosono, bahwa beberapa info layanan terbaru yang perlu disampaikan ke masyarakat adalah layanan Total Knee Replacement, Ultrasound Therapy, Ultrasound Multiple Electrical Stimulation Nerve, Microware Diathermin, Tes NS1 Demam Berdarah, dan CT-Scan.

"Masing-masing Layanan terbaru tersebut memiliki fungsi yang berbeda falam menangani pasien," ujarnya.

Humas RSUD Kertosono Hardijono Spsi.,SE.,Msi

Dijelaskan oleh Hardijono, Total Knee Replacement (TKR) yaitu operasi penggantian sendi lutut (arthroplasty) dengan bahan logam dan plastik (polyethylene) yang berperan sebagai tulang rawan.

"Untuk bagian bawah tempurung lutut juga bisa diganti dengan plastik," jelasnya.

Dan layanan Ultrasound Therapy adalah metode pengobatan yang menggunakan tekhnologi ultrasound atau gelombang suara untuk merangsang jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Berfungsi untuk memudahkan kelenturan otot dan menghilangkan perlengketan jaringan.

"Sedangkan layanan Ultrasound Multiple Electrical Stimulation Nerve berfungsi untuk merelaksasikan otot otot yg mengalami kelumpuhan," sambung Hardijono.

Dikatakan juga oleh Hardijono, RSUD Kertosono juga terdapat layanan Micro Wave Diathermy yaitu suatu pengobatan dengan menggunakan stessor fisis berupa energi elektromagnetik yang dihasilkan oleh arus bolak-balik frekuensi 2450 MHz dengan panjang gelombang 12,25 cm.

"Ini berfungsi melancarkan peredaran darah dan merelaksasikan otot otot yg mengalami ketegangan," katanya.

Adapun layanan terbaru
Laboratorium RSUD Kertosono juga telah menyediakan Tes NS1 untuk pemeriksaan cepat penentuan diagnosa Demam Berdarah, dengan pemeriksaan darah lengkap dan NS1. "Sehingga kasus DB sudah terdeteksi sejak awal dan penanganan lebih tepat," ungkap Hardijono.

Sedangkan CT Scan menurut Hardijono adalah teknologi canggih yang digunakan untuk pemeriksaan medis menggunakan sinar X dan komputer sekaligus.

"Alat ini berbentuk lingkaran yang cukup muat untuk memindai tubuh orang dewasa dengan posisi berbaring," pungkasnya. (adv)

Reporter: Pakde Kamto
Editor : Panji LS
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname