Pemandangan Wow di Pos Sekartaji Gunung Wilis

View menakjubkan dari Pos Sekartaji Gunung Wilis, Kabupaten Nganjuk. Amazing picture from Instagram @indonesiantrekker, picture by @setapakkecil, source @yohanwijayanto

Sabtu 5 Oktober 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk
- Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyimpan banyak spot wisata alam yang memanjakan mata.

Salah satunya, bagi yang hobi mendaki gunung, bisa melakukan petualangan seru menyusuri terjalnya lereng dan lebatnya hutan Gunung Wilis.

'Gerbang' masuk menuju jalur pendakian bisa diakses melalui kompleks Air Terjun Roro Kuning, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret.

Dari titik ini, pengunjung bisa melakukan pendakian sampai ke puncak Limas, yang berada di ketinggian lebih dari 3.000 meter dari permukaan laut (mdpl).

Namun, sebelum menuju ke sana,  banyak traveler yang istirahat sejenak di Pos Sekartaji. Kebanyakan pendaki akan bermalam atau mendirikan tenda di sana, karena lokasinya yang cukup lapang. Ditambah lagi, pemandangan menakjubkan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) di sore hari.

“Kalau langit sedang cerah, bisa kelihatan puncak Semeru di Lumajang,” kata Dedy Nur, pendaki amatir yang sudah beberapa kali 'muncak' di Gunung Wilis.

Malam hari di Puncak Sekartaji juga tidak kalah keren. Nuansanya pun sangat romantis, karena traveler atau pendaki bisa melihat gemerlap lampu kota Kediri dan maupun Nganjuk secara bersamaan.

Namun Dedy mengingatkan, selain harus membawa perbekalan standar yang cukup, termasuk tenda untuk camping dan bermalam menunggu matahari terbit, pengunjung juga harus membawa baju hangat, karena cuaca malam hari di atas gunung bisa sangat dingin.

“Apalagi kalau sedang musim kemarau atau musim panas,” imbuhnya.

Akun instagram @indonesiantrekker juga mengunggah ulasan khusus disertai foto mengenai spot wisata yang wow banget ini, pada 19 September 2019 lalu.

Disebutkan, tiket masuk via Roro Kuning sebesar Rp 5.000, ditambah biaya asuransi Rp 1.000, dan parkir kendaraan Rp. 5.000

Basecamp Pendakian Gunung Wilis via Nganjuk berada di sebelah kanan, sebelum masuk Lokasi Wisata Roro Kuning dengan ditandai plakat/plang "Posko Pendakian Sekartaji".

@indonesiantrekker juga mengulas, Sekartaji merupakan pos yang ada di Jalur Pendakian Gunung Wilis menuju Puncak Limas. Selain terdapat sumber mata air, lokasinya juga cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda. Karena itulah Sekartaji menjadi tempat favorit untuk bermalam.

Untuk estimasi waktu perjalanan, diuraikan sebagai berikut :

Basecamp ke Pos Panjer 2,5 jam
Pos Panjer ke Pos Gentongan 30 menit
Gentongan je Watu Tahu 1,5 jam
Watu Tahu ke Sekartaji 1,5 jam
Sekartaji ke Pos Pan 2,5 jam
PosPan ke Cemoro Besar 1 jam
Cemoro Besar ke Puncak Limas 40 menit

Banyak pendaki yang belum mengetahui atau jarang melakukan pendakian di Gunung Wilis. Karena itulah, hutan dan keasriannya masih terbilang alami. @indonesiatrekker berpesan agar jadilah pendaki pintar, jaga etika dan kesopanan, bawa turun kembali sampah, dan stop vandalisme.


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname