Update Corona Nganjuk : Dua Pasien Positif Sembuh, Warga Tepuk Tangan Sambut Kepulangan

Potongan gambar kepulangan pasien ke-8, yang disambut sukacita oleh warga Kelurahan Begadung, Kecamatan Nganjuk Kota, usai dinyatakan sembuh dari virus Covid-19, Selasa 28 April 2020 (foto : ist)

Selasa 28 April 2020
by Panji Lanang S

matakamera, Nganjuk - Dua dari 10 pasien positif corona atau Covid-19 di Kabupaten Nganjuk dinyatakan sembuh. Masing-masing adalah pasien ke-8, seorang wanita warga Kelurahan Begadung, Kecamatan Nganjuk, dan pasien ke-9, seorang pria warga Kecamatan Kertosono.

Ada peristiwa menarik ketika pasien ke-8, seorang wanita yang dikenal sebagai ASN guru SD, diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Ia disambut sukacita warga di sekitar tempat tinggalnya, di Kelurahan Begadung.

Hal itu ditunjukkan lewat video yang beredar di media sosial, seperti unggahan akun @NganjukKotaBayu, Selasa 28 April 2020.

Rekaman berdurasi 2 menit 52 detik tersebut menampilkan momen kepulangan pasien ke rumahnya, setelah menjalani perawatan di RSUD dr Soedono Madiun selama beberapa waktu, karena terjangkit virus corona.

Pasien tersebut tampak memakai busana gamis gelap, didampingi oleh sejumlah petugas medis berseragam APD dan aparat keamanan. Ketika hendak diturunkan dari ambulans PSC 119, warga setempat langsung berbaris di kiri-kanan gang untuk memberikan dukungan. Beberapa di antara mereka bertepuk tangan tangan memberi semangat, sedangkan warga lainnya turut menyambut kedatangan perempuan tersebut.

"Selamaaatt," seru seorang laki-laki dalam video, disambut tepuk tangan warga.

Jubir Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto (foto : dok. Pemkab Nganjuk)

Sebelum masuk ke rumahnya, pasien ke-8 tersebut masih menyempatkan melambaikan kedua tangannya ke arah warga yang menyambut.
Kepulangan pasien dan sambutan warga tersebut juga mendapat respons hangat dari warganet yang menyaksikan video.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penananganan Covid-19 Kabupaten Nganjuk, dr Hendriyanto mengatakan, data terbaru hari ini terdapat dua pasien positif covid-19 yang telah dinyatakan sembuh.

"Memang benar ada kesembuhan dari 2 (dua) orang yang konfirmasi positif, yaitu yang opname di RS Soedono (pasien ke-8 asal Kelurahan Begadung), dan di RS Jombang," kata dr Hendriyanto, dalam keterangan pers Selasa malam 28 April 2020.

Yang dimaksud pasien dari RSUD Jombang adalah seorang pria 37 tahun beralamat KTP di Kecamatan Kertosono. Ia adalah ASN perawat yang berdinas di Puskesmas Ngoro, Jombang. Ia sebelumnya terpapar virus corona usai mengikuti pelatihan pendamping haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

"Secara teoritis yang bersangkutan (pasien ke-8 dan ke-9) sudah dinyatakan sembuh dan bisa beraktifitas lagi, tapi kita tetap mengimbau untuk sementara waktu di rumah dulu," imbuh dr Hendriyanto.

Lebih lanjut dr Hendriyanto menyampaikan, update data di Kabupaten Nganjuk per Selasa 28 April 2020 sebanyak 69 orang dalam pemantauan (ODP), 31 pasien dalam pengawasan (PDP) serta 10 orang pasien positif covid-19 (2 sembuh).

Selain itu, juga tercatat sebanyak 27.921 orang dalam resiko (ODR) dan 443 orang tanpa gejala (OTG).

"Kalau lihat peta penyebaran hari ini, ada panambahan data ODR dan OTG. Ini dikandung maksud agar kita semua bisa waspada bahwa ancaman covid-19 ini masih berlangsung.
Ini adalah ice mountain phenomena, suatu fenomena gunung es, masih banyak yang tidak kita temukan," pungkas dr Hendri.
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname