430 Calon Jamaah Haji Nganjuk Dijadwalkan Terbang ke Tanah Suci Hari Sabtu

nganjuk
Bupati Nganjuk Taufiqurrahman secara resmi memberangkatkan rombongan CJH asal Nganjuk, dari Pendopo Kabupaten pada Jumat pagi, 19 Agustus 2016 (matakamera.net)
matakamera, Nganjuk - Jumat pagi 19 Agustus 2016, rombongan Calon Jamaah haji ( CJH ) asal Kabupaten Nganjuk secara resmi diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. CJH yang berjumlah 430 orang ini termasuk dalam kloter 28 dan dijadwalkan akan terbang ke Tanah Suci pada Hari Sabtu, 20 Agustus 2016.

Pantauan matakamera.net, rombongan dengan menumpang 10 bus diberangkatkan secara resmi oleh Bupati Nganjuk Taufiqurrahman dari Pendopo Pemkab Nganjuk, sekitar pukul 08.15. Sebelumnya sejak pukul 07.00, mereka mengikuti prosesi pemberangkatan yang dihadiri sejumlah pejabat Nganjuk dan ribuan masyarakat dan keluarga pengantar. "CJH tersebut terdiri dari 202 CJH pria dan 228 CJH wanita," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Nganjuk Barozi.

Menurut Barozi, untuk tahun ini CJH tertua berusia 92 tahun atas nama Suminem binti Poniman asal dari Dusun Gilig Desa Rowomarto Kecamatan Patianrowo. Sedangkan untuk CJH termuda berusia 24 tahun bernama Chinantya Dwi Rahmawati binti Sumeru asal dari  Desa Sengkut Kecamatan Berbek.
"Dipastikan seluruh CJH kloter 28 asal Nganjuk tidak akan terkendala pemberangkatannya . Karena seluruh persyaratan administrasi termasuk visa haji sudah dimiliki oleh seluruh CJH, " terang Barozi.

Lebih lanjut Barozi mengatakan, pada penyelenggaraan haji tahun ini, jumlah peserta CJH bisa dibilang turun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. "Untuk tahun 2015 jumlah CJH mencapai 530 orang, sekarang tinggal 430 CJH. Tentunya jumlah bukan karena persoalan kouta, memang serapan jumlah pendaftarnya mengalami penurunan," imbuhnya.

CJH tahun merupakan hasil pendaftaran pada tahun 2009. Data awal CJH tahun 2009 sebenarnya berjumlah 434 orang. Terjadinya penurunan jumlah CJH sampai menjadi 430 orang karena tercatat ada empat CJH batal berangkat karena meninggal dunia serta dua CJH lagi dinyatakan tunda dan batal berangkat dikarenakan sakit.

Termasuk ada lima CHJ sebelum hari pemberangkatan sudah mengajukan mutasi keluar dari kloter 28. "Mudah-mudahan seluruh CJH asal Nganjuk tidak ada yang tersisa dan semua bisa berangkat satu kloter," pungkas Barozi.(ab)

(Panji Lanang Satriadin)


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System