BNPB : Korban Jiwa Gempa Lombok Capai 259 Orang

lombok
Kerusakan parah rumah warga di Kabupaten Lombok Utara, sebagai dampak gempa bermagnitudo 7 skala richter Ahad 5 Agustus 2018 lalu (foto : Sutopo Purwo Nugroho/BNPB)

Kamis 9 Agustus 2018
by Panji LS

matakamera, Lombok - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mencatat jumlah korban tewas akibat gempa bermagnitudo 7 yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali, pada Ahad 5 Agustus 2018  mencapai 259 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa jumlah
itu adalah perkembangan terakhir hingga Kamis, 9 Agustus 2018 sekitar pukul 17.00 WIB.

Korban tewas itu antara lain 212 orang di Kabupaten Lombok Utara, 26 orang di Lombok Barat, 11 di Lombok Timur, 6 di Kota Mataram, serta masing-masing 2 orang di Lombok Tengah dan di Kota Denpasar.

"Data ini masih akan terus bertambah mengingat Tim SAR masih menemukan korban di reruntuhan bangunan dan masih diidentifikasi, diduga korban masih berada di bawah reruntuhan bangunan yang belum dievakuasi," demikian tertulis dalam keterangan resmi dari Sutopo.

Petugas gabungan mengangkut paket bantuan dari helikopter BNPB, untuk disalurkan kepada para korban gempa Lombok, Kamis 9 Agustus 2018 (foto : Sutopo Purwo Nugroho)

"Dan adanya laporan dari aparat daerah yang mengatakan adanya korban meninggal di daerah sebelumnya dan sudah dimakamkan tetapi belum didata dan dilaporkan ke Posko sehingga data korban meninggal dunia akan bertambah," tambahnya.

Sementara itu, sebanyak 1.033 korban yang mengalami luka berat masih dirawat inap di rumah sakit dan puskesmas.

Sebanyak 270.168 orang mengungsi di berbagai tempat. Jumlah pengungsi ini juga sementara karena belum semua pengungsi terdata baik.

Selain itu, angka kerusakan fisik sementara terdiri dari 67.857 unit rumah, 468 sekolah, 6 jembatan, 3 rumah sakit, 10 puskesmas, 15 masjid, 50 unit mushala, dan 20 unit perkantoran. Sutopo juga mengatakan, ribuan personel dikerahkan untuk penanganan dampak gempa. Sebanyak 21 alat berat juga dikerahkan untuk proses evakuasi.

Sementara itu, gempa susulan bermagnitudo 6,2 yang terjadi pada Kamis siang ini disebut menyebabkan masyarakat makin trauma. Gempa dirasakan keras menyebabkan beberapa bangunan rusak. Sebanyak 24 orang terluka karena tertimpa bangunan roboh.

Grafis dampak bencana gempa Lombok NTB yang dirilis oleh BNPB, Kamis 9 Agustus 2018 


(ds/ab/2018) 

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname