Jatim Siapkan 2.404 Tenaga Vaksinasi Covid-19

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan kesiapan ribuan tenaga kesehatan, untuk menjadi vaksinator sinovac di tiap-tiap puskesmas/panji-matakamera.net
Senin 7 Desember 2020

matakamera, SURABAYA - Provinsi Jawa Timur menyiapkan sebanyak 2.404 orang tenaga kesehatan, sebagai vaksinator Covid-19. Ribuan vaksinator yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan tersebut telah mendapatkan pelatihan penyuntikan vaksin Covid-19 dan tersebar di 968 Puskesmas, di seluruh Jatim.

“Alhamdulillah, semalam vaksin buatan Sinovac sudah sampai di Indonesia. Tentunya kami berharap kedatangan vaksin ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia dan Jawa Timur khususnya,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Senin 7 Desember 2020.

Pemprov Jatim, kata Khofifah juga telah membentuk satuan tugas (Satgas) vaksinisasi Covid-19 dari tingkat provinsi dan sebagian besar pemkab maupun pemkot juga segera membentuk. Tugas dari satgas ini menghitung kebutuhan, distribusi vaksin serta melihat respons yang usai di vaksin.

Selain menyiapkan SDM, lanjut dia, Pemprov Jatim juga telah menyiapkan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan vaksin tersebut. Mengingat vaksin harus disimpan di dalam ruangan dengan suhu minus 2 - 8 derajat celcius.

Khofifah menyebut, dari total 1,2 juta dosis vaksin yang telah datang, dirinya belum mengetahui persis berapa dosis vaksin yang dialokasikan untuk Jatim dari Pemerintah Pusat. Pengadaan vaksin tersebut dilakukan sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat.

"Saya sudah kordinasi dengan Pak Terawan Menteri Kesehatan, saat ini sedang dibahas segala sesuatunya termasuk jumlah yang akan didistribusikan ke Jawa Timur" ujarnya.

Kesiapan yang sudah dilakukan Pemprov Jatim dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19, disebut Khofifah antara lain dengan pelatihan tenaga kesehatan vaksinasi covid-19 untuk 968 Puskesmas di Jawa Timur sebanyak 7 angkatan, dengan total 2.404 orang.

Selain itu, juga dilatih programmer surveilans dan imunisasi di kabupaten dan kota masing-masing dua orang.

Berikutnya, menggelar sosialisasi vaksinasi covid-19 bagi 38 dinkes, kabid P2P, kasi surveilans, programmer imunisasi dan programmer surveilans. Lalu, menginventarisasi sarana rantai dingin vaksin seperti lemari es dan vaccine carrier.

Berikutnya, memfasilitasi dinkes kabupaten dan kota, serta puskesmas untuk membuat microplanning. Terakhir menyusun kebutuhan vaksin sesuai sasaran yang telah ditetapkan.

Untuk tahap awal vaksinasi, Khofifah mengatakan akan memprioritaskan Kabupaten/Kota dengan jumlah penambahan kasus positif tinggi, berisiko tinggi penularan, dan populasi padat. Sedangkan daerah lain yang dinilai relatif rendah akan diberikan secara bertahap dengan pertimbangan jumlah ketersediaan vaksin sesuai ketersediaan.

“Untuk kapan akan dimulai, sepenuhnya menunggu aba-aba pemerintah pusat. Yang pasti dari sisi infrastruktur dan SDM Insya Allah Pemprov Jatim telah siap. Mudah-mudahan semua berjalan sesuai dengan rencana dan Indonesia bisa bebas dari Pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Vaksin Sinovac telah datang ke Indonesia dengan dibawa memnggunakan pesawat Beoing 777-300ER. Pesawat mendarat di Bandara Soekarrno-Hatta sekitar pukul 21.30 WIB. Vaksin Covid-19 buatan Republik Rakyat China (RRC) tersebut selanjutnya dibawa dan disimpan di Bio Farma Bandung, Jawa Barat. (***)

Reporter : Panji LS
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System