Asyiknya Ikut Vaksinasi di Pasar Legi, Dapat Bonus Bingkisan dari Polisi

Peserta vaksinasi di Pasar Legi Mojokerto menikmati makanan dan minuman, yang dibagikan cuma-cuma oleh Polres Mojokerto, Senin (21/6)/matakamera.net-Panji LS

Senin 21 Juni 2021

Mengajak masyarakat semangat ikut vaksinasi itu ada caranya. Bisa dengan hal yang sederhana, namun tetap mengasyikkan. Membuat orang senang. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Tim Percepatan Vaksinasi Covid-19 Polres Mojokerto ini. 

Penulis : Panji Lanang Satriadin 

Tak seperti hari-hari biasanya, para pedagang Pasar Legi Mojokerto pagi itu (21/6) harus meninggalkan sejenak rutinitas melayani pembeli.  Mereka satu-persatu mendatangi stan khusus di halaman pasar, yang berisi petugas medis dengan alat pelindung diri (APD).

Sekilas tampak wajah tegang di antara beberapa pedagang. Apalagi saat melihat petugas medis mulai menyiapkan serum dan alat suntikan. Namun mereka kembali semringah setelah petugas dari Polres Mojokerto sigap mendampingi. Sesekali, para polisi bersegaram itu mengajak mengobrol santai dan bercanda.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander ternyata juga ada di lokasi. Ia bahkan tak hanya mendampingi para pedagang, tetapi juga tak segan membantu menggulung lengan baju mereka sampai ke bahu.

Ya, pagi itu para pedagang Pasar Legi Mojokerto memang sedang mengikuti program Vaksinasi Covid-19. Polres Mojokerto selaku fasilitator menamai kegiatan tersebut “Gerebek Vaksinasi Massal”, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-75. 

Antusiasme para pedagang cukup tinggi untuk mengikuti vaksinasi perdana ini. Rupanya, ini karena Polres Mojokerto menyiapkan bonus  bingkisan berisi kue dan minuman, bagi mereka yang sudah divaksin. 

Sebelumnya, petugas gabungan polisi, TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto juga memberikan pemahamanan akan pentingnya vaksinasi Covid-19. Caranya pun unik, yakni dengan blusukan berkeliling area dalam pasar, sambil menggotong kotak pengeras suara. 

"Kami siapkan bingkisan makanan dan minuman, masyarakat yang sudah divaksin bisa mengambil. Ini wujud dukungan penuh kami terhadap percepatan vaksinasi Covid-19 untuk membentuk herd immunity," kata Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, di sela vaksinasi Senin (21/6). 

Sama halnya di beberapa daerah lainnya di Jatim, kasus Covid-19 di Kabupaten Mojokerto menurut Dony terus naik sepekan terakhir. Lonjakan kasus membuat Bumi Majapahit yang berstatus zona kuning atau risiko penyebaran Covid-19 tergolong rendah, menjadi zona oranye atau risiko sedang. 

Jumlah warga yang terinfeksi bertambah 135 jiwa hanya dalam sepekan. Yakni dari 2.520 jiwa pada Senin (14/6), menjadi 2.655 jiwa pada Minggu (20/6). Terdiri dari 171 kasus aktif, 2.411 pasien sembuh dan 73 pasien meninggal dunia. 

Dony menjelaskan, selain mempercepat vaksinasi, protokol kesehatan 5M dan 3T (testing, tracing dan treatment) juga ditingkatkan hingga level rukun tetangga (RT) untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di Kabupaten Mojokerto. 

"Kami meningkatkan 3T dan 5M hingga skala mikro ditambah percepatan vaksinasi. Harapan kami, masyarakat bisa diantisipasi agar tidak terinfeksi. Semoga kasus COVID-19 bisa turun," terangnya. 

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, sekitar 2.000 dosis vaksin COVID-19 disiapkan untuk para pedagang pasar tradisional di wilayahnya. Setelah Pasar Legi, vaksinasi akan dilanjutkan ke Pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko. 

"Tentunya nanti dengan beberapa evaluasi. Kami sedang berupaya mengerem dengan keras penyebaran COVID-19 di Kabupaten Mojokerto," pungkasnya.


Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System