Percepat Vaksinasi Covid-19 di Nganjuk, Tim Imunisasi Puskesmas Jemput Bola ke Desa

Salah satu warga Desa Gondangkulon, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, saat mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pustu setempat, Kamis (17/6)/matakamera.net-Panji LS
Ahad 20 Juni 2021

matakamera, Nganjuk - Pemkab Nganjuk terus berupaya melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19. Salah satunya ditunjukkan oleh Tim Imunisasi Puskesmas Kecamatan Gondang, dengan strategi jemput bola turun ke desa.

"Petugas puskesmas sengaja datang ke balai desa agar lebih dekat dengan domisili warga yang mendapat vaksin," kata Koordinator Imunisasi Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Gondangkulon, Kecamatan Gondangkulon Kabupaten Nganjuk, Efi Habibah, Ahad (20/6). 

Efi mengatakan, sasaran penerima vaksin Covid-19 yakni warga usia 18 tahun keatas dan para lanjut usia (Lansia). Nama-nama warga penerima vaksin Covid-19 sebelumnya telah diusulkan oleh masing-masing ketua RT.

Umumnya, menurut Efi, warga mengapresiasi baik dan antusias ingin mendapatkan vaksin covid-19. Namun karena keterbatasan jumlah vaksin yang tersedia maka dengan terpaksa tidak semua warga bisa mendapatkan vaksin. Bahkan warga yang sudah terdaftar ada yang tidak mendapat vaksin sesuai yang telah dijadwalkan.

"Pada kesempatan kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap berikutnya diharapkan semua warga bisa mendapatkan vaksin," ujar Efi.

Lebih lanjut Efi mengatakan, merujuk data di Pustu Desa Gondangkulon, Kecamatan Gondang, terdpat sebanyak 1.300 warga yang terjadwal mengikuti vaksinasi, mulai tanggal 15 sampai 17 Juni 2021. Dengan rincian, 500 warga pada hari pertama dari RW 1 dan 2, serta 500 warga di hari kedua dari RW 2 dan 3.

"Terakhir di hari ketiga ada 300 warga yang divaksin berasal dari RW 4 dan 5,” imbuhnya.

Sementara itu, upaya percepatan program vaksinasi Covid-19 juga dilakukan oleh Polres Nganjuk di pekan yang sama. Kegiatannya bahkan digelar secara serentak di 28 lokasi berbeda pada 16 Juni 2021. Yakni di 20 Kantor Kecamatan atau Kantor Desa/Kelurahan, dan di 8 lokasi vaksin masing-masing di RSUD Nganjuk, RSUD Kertosono, klinik DKT, RS Bhayangkara, RSI Aisyiyah, klinik Alf Subtin, klinik Navira dan klinik Polres/Urkes di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Kapolres Nganjuk AKBP Harviadi Agung Prathama melalui Kasubag Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto menjelaskan, dalam kegiatan percepatan vaksin covid-19 di Kabupaten Nganjuk Polres Nganjuk melibatkan setidaknya 639 petugas vaksinator dan tim BKO dari Polres serta instansi terkait lain.

Kegiatan vaksinasi oleh Polres Nganjuk tersebut setidaknya diikuti oleh 5.600 peserta. Mereka terbagi di layanan UPT Puskesmas sebanyak 4.000 warga, dan di Rumah Sakit serta Klinik sebanyak 1.600 orang.

"Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka membantu Pemerintah untuk secepatnya menuntaskan program vaksinasi covid-19," kata Supriyanto, Jumat (18/6).

Reporter : Panji Lanang Satriadin

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System