Ke Papua, Gubernur dan Forkopimda Pompa Semangat Atlet Jatim di PON XX

Gubernur Khofifah dan Forkopimda Jatim menyemangati secara langsung para atlet Jatim agar meraih prestasi maksimal di PON XX Papua, Ahad (3/10)
Ahad 3 Oktober 2021

matakamera, JAYAPURA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendatangi langsung para atlet Jatim yang berlaga di PON XX Papua, Ahad (3/10/2021).

Dalam agenda kunjungannya, Khofifah menyambangi enam mess cabang olahraga (cabor) masing-masing sepatu roda, sepak takraw, layar, renang, dayung dan selancar bersama jajaran Forkopimda Jatim, antara lain Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto dan Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung.

Khofifah bersama forkopimda juga memompa semangat dan motivasi para atlet yang sedang berjuang dalam perhelatan PON XX/2021 di Papua 2-15 Oktober 2021.

Menurutnya, persiapan yang dilakukan selama 4 tahun terakhir harus diwujudkan dalam bentuk perolehan medali sebanyak-banyaknya.

"Kalau boleh saya sambungkan, sejauh ini, penghasil emas potensial di Indonesia ada di Freeport-Timika, Papua dan Kabupaten Gresik. Jadi bawalah medali emas sebanyak-banyaknya bagi masyarakat Jatim," tuturnya.

Khofifah mengatakan, dukungan juga datang dari Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya yang datang langsung ke Papua. Semangat yang diberikan untuk memberikan penguatan bagi para atlet se Jatim.

"Forkompinda bisa menyeiringi tugas dan semangat para atlet dan pelatih selama melakukan laga dalam PON XX Papua," ujar Khofifah.

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial RI tersebut mengingatkan para atlet agar membawa semangat Bumi Majapahit ke Bumi Cendrawasih.

"Ini yang harus kita sambungkan, rasa memiliki NKRI dibangun dengan damai dan kasih. Sebab, ada misi yang tidak sekadar sportifitas, melainkan seperti yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo, perhelatan PON XX merupakan panggung persaudaraan, persatuan, serta melihat Keberagaman yang menjadi kekayaan Indonesia," pesannya.
Dengan demikian, Gubernur Khofifah mengajak seluruh atlet dan pelatih Jatim agar membangun dan merajut persaudaraan, persatuan dan keberagaman dengan segala penghormatan, penghargaan serta memberikan ruang satu dengan yang lain untuk saling mengenal.

"Tetaplah membawa harum nama Jatim di Bumi Cendrawasih. Harum di antara kontingen dan harum di mata masyarakat Jatim melalui prestasi yang akan kita persembahkan untuk warga Jatim," ucapnya.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto mengatakan bahwasannya dalam pembukaan PON XX semalam, atlet Jatim menunjukkan sikap dan mental pemain yang siap bertanding.

"Melihat Jatim mengenakan pakaian hijau-hijau itu langsung terlihat adem. Semoga kalian semua bisa mendapatkan medali emas," tuturnya.

Adapun Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta juga mendoakan sekaligus mendukung seluruh atlet Jatim yang bertanding dalam kejuaraan PON XX.

"Tentu kami berdoa bersama untuk kalian. Semangat dan semoga raihan medali bisa kalian dapatkan," ujarnya.

Bahkan, Nico berjanji akan memberi hadiah kepada atlet yang berhasil menyumbangkan medali emas.

"Untuk atlet yang berhasil sumbangkan emas nanti akan kami rekomendasikan kalau ingin sekolah kepolisian dan memberikan fasilitas pembuatan SIM gratis," imbuhnya.

Kunjungan yang dilakukan Khofifah dan Forkompinda membuat beberapa atlet bangga dan mengucapkan terima kasih. Seperti yang diungkapkan atlet cabor sepatu roda, Delfa Amalya Putri, 19.

Ia bersama tim optimistis meraih hasil optimal untuk mengharumkan nama Jatim. Sebab, kata Delfa, sebelumnya sepatu roda sudah mempersembahkan medali perunggu.

"Kunjungan Ibu Gubernur Khofifah dan Forkompinda semakin melecut semangat kami untuk bisa mendapatkan medali emas," ungkapnya.

Hal senada disampaikan atlet sepak takraw putra Saiful Rizal. Menurutnya, kunjungan Gubernur Khofifah beserta Forkopimda tidak sekadar melecut semangat atlet, melainkan turut membakar spirit tim agar berjuang hingga titik darah penghabisan meraih medali emas.

"Melalui kunjungan ini, kami semakin optimis meraih medali sehingga mampu mengharumkan Jatim di kancah nasional," ungkapnya.

Agar cita-cita kontingen Jatim berhasil mengumpulkan pundi-pundi medali, Gubernur perempuan pertama di Jatim itu turut mengajak seluruh atlet dan pelatih di enam cabor menyanyikan lagu Padamu Negeri.

"Mari bersama-sama menyatukan nafas kita dengan melantunkan lagu padamu negeri. Salam sehat dan sukses selalu untuk kalian semua," seru Khofifah.

Adapun Khofifah beserta jajaran Forkopimda menyerahkan bantuan uang penambah semangat bagi masing-masing cabor sebesar Rp 25 juta.

Usai menyambangi atlet enam cabor, Gubernur Khofifah melanjutkan dukungan bagi atlet cabor tenis putri yang siang ini bertanding di partai final melawan DKI Jakarta.(*)

Panji LS/Rifai Abror
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System