Terima Dubes Jepang, Gubernur Khofifah Pamer Wisata Genilangit Magetan

Gubernur Khofifah dan Dubes Kanasuki Kenji saling memberi hormat dan salam, dalam pertemuan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin malam (25/10/2021)
Selasa 26 Oktober 2021

matakamera, SURABAYA - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, H.E. Kanasugi Kenji bersama Konjen Jepang Takeyama Kenichi, menemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam (15/10/2021).

Ini adalah kunjungan official pertama Dubes Jepang di Jatim. Khofifah pun menilainya sebagai kehormatan bagi Jatim, utamanya untuk mempererat kerjasama antar kedua belah pihak.

“Selamat datang di Jawa Timur Yang Mulia Bapak Duta Besar Jepang. Pemprov Jatim berterimakasih dan  menyambut baik  kehadiran Bapak Dubes ke gedung negara Grahadi. Kami berharap kita dapat melanjutkan diskusi untuk menginisiasi program kerja sama baru yang dapat mendukung kebijakan pembangunan dan meningkatkan hubungan antar masyarakat Jatim dan Jepang,” ujar Khofifah.

Untuk itu, mantan Mensos RI itu mengajak Dubes Jepang mempererat kembali kerjasama berbagai bidang, khususnya  pendidikan dan perdagangan.

Salah satunya, dalam bentuk beasiswa yang bisa menaikkan keterampilan atau skill berupa vocational training dan pertukaran pelajar (student exchange). Hal itu dinilai penting, untuk meningkatkan kualitas ketrampilan dan  SDM sekaligus Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim.

“Kami berharap ada penguatan kerjasama di bidang pendidikan, baik berupa beasiswa, vocational training, maupun pertukaran pelajar. Beasiswa apa saja yang bisa menaikkan keterampilan kami harap bisa dilakukan. Baik degree maupun non degree, serta berbagai short course. Karena, selain untuk meningkatkan kompetensi, perluasan jejaring, juga akan bisa memberi dampak multiplier effect pada banyak hal,” ajak Khofifah.

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, perkuatan kerjasama bidang pendidikan juga bisa dilakukan dalam sektor kesehatan yang bersifat aplikatif  dengan rumah sakit (RS) di Jatim. Salah satunya bekerjasama dengan RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

“Jika selama ini kerjasama telah dilakukan dengan UNAIR dan  ITS. Kami berharap agar  kedepan ada penguatan kerjasama pendidikan dan layanan kesehatan  antara  Jepang dengan RSUD Dr. Soetomo Surabaya atau RSUD lainnya,” jelas Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga memaparkan kerjasama yang telah terjalin di bidang perdagangan, investasi, hingga support vaksinasi untuk karyawan dari 2 perusahaan Jepang  di Jatim.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah juga memamerkan Taman Wisata Genilangit di Kabupaten Magetan. Ketika berkunjung di tempat wisata tersebut, dirinya sempat berpose dengan mengenakan kimono atau pakaian adat khas negeri Jepang di salah satu spot foto taman wisata Genilangit, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Di tempat itu juga terdapat bunga-bunga mirip sakura berwarna merah muda, sehingga mirip sekali dengan suasana Negeri Sakura.

“Jadi di waman wisata tersebut, pengunjung bisa mengenakan kimono bermotif bunga warna merah dan biru sambil membawa payung. Kemudian ada angle-angle tertentu yang seperti berada di Negeri Sakura Jepang,” tambah Khofifah. Tidak lupa Khofifah mempromosikan Bromo Blue Fire di Kawah Ijen serta Gili Iyang dengan oksigen terbaik di dunia.

Sementara itu, Dubes Kanasugi Kenji menyampaikan harapan aktivitas ekonomi terus bergerak untuk meningkatkan hubungan yang baik antara  Indonesia dan Jepang.

Panji LS/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System