Cegah Lonjakan Baru saat Nataru, Nganjuk Punya Satgas Covid-19 Gereja

Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang saat menyematkan ban di lengan Satgas Covid-19 gereja Kabupaten Nganjuk, Selasa (7/12/2021)/matakamera.net - Panji Lanang S
Rabu 8 Desember 2021

matakamera, Nganjuk - Menjelang perayaan Natal yang disambung dengan tahun baru (Nataru) 2022, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya kembali lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Nganjuk.

Salah satunya dengan membentuk satuan tugas (satgas) pencegahan dan penanganan Covid-19, dari unsur internal pengurus gereja-gereja.

Satgas Covid-19 gereja dikukuhkan langsung oleh Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang, pada Selasa (7/12/2021) di Pendopo Pemkab Nganjuk.

Tidak kurang dari 100 pendeta dan pastor dari berbagai gereja di Kota Angin hadir dalam acara pengukuhan tersebut. Mereka tergabung dalam Badan Kerjasama Seluruh Gereja Kristen Katholik (BKSGKK) se-Kabupaten Nganjuk.

"Dibentuknya Satgas Covid-19 pengurus gereja ini, tujuannya antara lain untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di lingkungan gereja masing-masing, serta mengawal penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 pada acara-acara keagamaan seperti saat Misa Natal nanti," terang Boy di sela pengukuhan.

Menurut Boy, keberadaan Satgas Covid-19 di internal gereja sangat penting. Hal ini karena Polres Nganjuk akan menggelar pengamanan pelaksanaan kegiatan keagamaan umat Nasrani pada Natal dan tahun baru 2022.

"Tentunya dengan adanya Satgas Covid-19 di setiap gereja, akan lebih mempermudah berkoordinasi untuk memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat saat pelaksanaan perayaan keagamaan teman-teman Nasrani di Kabupaten Nganjuk," ujar mantan Tutor Madya Lemdiklat Polri tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan Boy, dengan pembentukan Satgas Covid Gereja ini, pihaknya bersama instansi terkait bisa mendapat gambaran yang lebih gamblang, untuk merencanakan langkah tepat yang akan diambil untuk mengawal kegiatan Natal dan Tahun Baru 2022.

Kapolsek Nganjuk Kota AKP Burhanudin menambahkan, jajaran kepolisian saat ini mulai mengarahkan patroli personel ke gereja-gereja besar di kawasan kota.

"Petugas patroli keamanan memberi imbauan kepada pengurus gereja untuk tetap menjalankan prokes ketat dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, yang juga hadir dalam pengukuhan tersebut mengatakan, unsur gereja di Kabupaten Nganjuk selama ini turut berperan aktif dalam upaya mempercepat vaksinasi dan pencegahan Covid-19.

"Setelah beberapa waktu lalu Kabupaten Nganjuk di posisi 5 terbawah di Jatim terkait angka vaksinasi, saat ini percepatan vaksinasinya sudah mencapai 68, 17 persen. Ini berkat kolaborasi semua unsur termasuk para pendeta dan pastur di dalamnya. Terimakasih atas kolaborasi nyatanya," ujar Marhaen, Selasa (7/12/2021).

Pendeta Yusuf Randa Bunga, yang mewakili para pendeta dan pastor se-Kabupaten Nganjuk mengatakan, pihaknya siap mendukung pemerintah bersama TNI dan polri, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di masa perayaan Hari Raya Natal ini.

"Satgas Covid-19 gereja akan bekerja semaksimal mungkin untuk memastikan pelaksanaan ibadah Natal berjalan lancar. Sehingga jemaat bisa beribadah dengan tenang dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat," ujar pendeta yang juga Ketua BKSGKK Nganjuk tersebut.

Reporter : Panji Lanang Satriadin
Editor : Rifai Abror

Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System