Dinas Kesehatan Nganjuk Evaluasi Pendampingan Keluarga Risiko Tinggi

Peluncuran atau launching Mobil Promkes Dinas Kesehatan Nganjuk salah satunya ditandai dengan "pecah kendi", Rabu (1/12/2021)
Rabu 1 Desember 2021

Luncurkan Inovasi Mobil Promkes untuk Edukasi Masyarakat

matakamera, Nganjuk - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk menggelar Evaluasi Program Pendampingan Keluarga Risiko Tinggi, pada Rabu (1/12/2021), di Gedung Wanita Nganjuk, Jalan Yos Sudarso.

Untuk diketahui, terdapat tiga program andalan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk yang menekankan perhatian pada keluarga beresiko tinggi.

Masing-masing adalah Gentasibu, Gerdaristi, dan Si Genting. Gentasibu adalah Gerakan Pengentasan Gizi Buruk, Gerdaristi yakni Gerakan Pendampingan Ibu Hamil dan Bayi Berisiko Tinggi. Sedangkan Si Genting adalah Gerakan Pencegahan Stunting.

Evaluasi Pendampingan Keluarga Risiko Tinggi Dinkes Nganjuk dihadiri langsung oleh Wakil Ketua 1 TP PKK Nganjuk S. Wahyuni Marhaen Djumadi SE, Rabu (1/12/2021)

Evaluasi terhadap pelaksanaan program-program biasanya secara rutin digelar setiap tahun. Namun, selama pandemi Covid-19 sempat tertunda selama dua tahun dan baru digelar kembali tahun 2021 ini.


Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua 1 TP. PKK Kabupaten Nganjuk Hj. S. Wahyuni Marhaen Djumadi, SE, Sekda Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin, dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Nganjuk Dra RR Heny Rochtanti MM.

Lalu, Anggota Komisi 4
IV DPRD Nganjuk Asrori Arif, Kepala PPKB Kabupaten Nganjuk Widiasti Sidhartini, Plt. Direktur RSUD Nganjuk, dr. Tien Farida Yani, dr. Suyanto Cipto Admojo sebagai Kepala Puskesmas Kertosono, serta para camat dan para kader ketiga program tersebut.

"Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 300 kader dari desa-desa dan kecamatan. Setelah sempat tertunda, Alhamdulillah tahun ini bisa terselenggara kembali," ujar Wahyuni Marhaen Djumadi.

Selain melakukan evaluasi, dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan Mobil Promosi Kesehatan (Promkes). Inovasi unit mobil khusus ini nantinya akan digunakan berkeliling Nganjuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat.

Secara simbolis, peluncuran Mobil Promkes dilakukan dengan “pecah kendi” dan pelepasan burung merpati, oleh Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin bersama Wakil Ketua 1 TP PKK Yuni Marhaen Djumadi, serta Plt. Kepala Dinas Kesehatan Nganjuk Heny Rochtanti.

Di sesi evaluasi program, Wakil Ketua 1 TP. PKK juga menyerahkan beberapa piagam penghargaan bagi para kader yang secara aktif dalam mengikuti pendampingan program gerakan pengentasan gizi buruk yakni Gentasibu, Gerdaristi dan Genting di Kabupaten Nganjuk tahun 2021.

Peluncuran Mobil Promkes Dinkes Nganjuk juga dimeriahkan dengan pelepasan burung merpati 

"Tiga program inovatif bidang kesehatan ini terbukti berhasil menurunkan prevalensi tingkat kematian Ibu hamil, angka kematian bayi, prevalensi kekurangan gizi pada anak balita, dan angka stunting pada balita. Kekuatan pendampingan para kader Gentasibu, Gerdaristi dan Si Genting dalam mendampingi keluarga beresiko tinggi dalam memperoleh layanan kesehatan, pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita sangatlah diperlukan," ujar Yuni Marhaen.


Istri Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi tersebut juga menegaskan kembali, komitmen TP PKK Nganjuk untuk terus membantu pemerintah daerah dalam mengatasi gizi buruk, dan menekan jumlah kematian ibu dan bayi karena masalah gizi buruk.

Serta menurunkan prevalensi stunting di Kabupaten Nganjuk yang disebutnya juga menjadi tanggung jawab bersama.

Panji LS/Ads/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System