Dubes Inggris Puji Keberhasilan Penanganan Covid-19 di Jatim

Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr Owen Jenkins saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Jatim Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu malam (1/12/2021)
Kamis 2 Desember 2021

matakamera, SURABAYA - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr Owen Jenkins memuji keberhasilan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Pujian tersebut diutarakan Owen saat menemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, dalam lawatannya ke Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam (1/12/2021).

Owen bahkan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras yang ditunjukkan Khofifah dalam mengerem angka penularan dan kematian akibat Covid-19.

"Kepemimpinan Ibu Gubernur dalam mengatasi Covid-19 di Jawa Timur sangat luar biasa. Dari yang sebelumnya Jawa Timur berkategori risiko tinggi menjadi wilayah dengan risiko rendah dalam waktu yang cukup singkat," kata Owen.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih kepada Duta Besar Inggris yang telah mengapresiasi  pencapaian Jawa Timur dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Khofifah mengatakan, bahwa semakin melandainya situasi Covid-19 di Jawa Timur merupakan hasil kerja keras seluruh pihak. Mulai dari dokter, perawat, tenaga kesehatan, TNI/Polri, Ormas, tokoh agama, dan masyarakat umum.

"Tanpa kerjasama dan kerja keras semua, saya yakin angka Covid di Jatim tidak akan secepat ini bisa melandai," tutur Khofifah.

Terpisah, Anggota DPRD Jatim Surawi berpendapat, keberhasilan penanganan Covid-19 sebaiknya tidak membuat masyarakat abai atau lengah terhadap protokol kesehatan.

“Saya berharap agar masyarakat tidak euforia menyikapi penurunan pandemi ini. Saya khawatir kalau euforia berlebihan, protokol kesehatan diabaikan, maka akan terjadi lonjakan lagi," ujar Surawi.

Anggota Komisi D DPRD Jatim ini juga menyebutkan, bahwa WHO sudah memperingatkan adanya potensi gelombang ketiga Covid-19.

"Oleh sebab itu, saya berharap baik kepada pemerintah, legislatif, eksekutif, masyarakat serta aparat penegak hukum agar tetap memberlakukan prokes ini secara ketat," tuturnya.

Untuk diketahui, hingga Kamis (2/12/2021), terdapat tiga wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur yang dalam status zero kasus aktif atau 0 kasus aktif Covid-19. Wilayah itu yakni, Kabupaten Pamekasan, kota Mojokerto dan Kota Blitar.

Dari data Satgas Covid-19 Jatim, ketiga daerah tersebut sudah 0 kasus aktif Covid-19 sejak 24 November 2021 lalu. Bahkan, untuk Kota Mojokerto, sudah 0 kasus aktif Covid-19 sejak 1 November 2021.

Sementara itu, untuk Kasus aktif Covid-19 di Jawa Timur hingga Kamis (2/12/2021) hari ini masih tersisa 203 kasus. 

Untuk daerah dengan kasus aktif Covid-19 terbanyak di Jatim ada di Kabupaten Mojokerto yakni 17 kasus. Kemudian di Kabupaten Malang, Jember, Lumajang, yang masing-masing memiliki 13 kasus aktif Covid-19.

Adapun terkait zonasi Covid-19 di Jatim, seluruh 38 Kabupaten/Kota di Jatim masuk zona kuning Covid-19.

Panji LS/Rif
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System