Pemkab Nganjuk Luncurkan Layanan Aduan 24 Jam "Wadul Kang Marhaen"

Layanan Wadul Kang Marhaen siap 24 jam menangani berbagai macam situasi kedaruratan yang dilaporkan masyarakat
Rabu 22 Juni 2022

matakamera, Nganjuk - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan layanan pengaduan darurat, dengan nomor telepon 0811-3118-1001.

Melalui saluran yang aktif non-stop 24 jam tersebut, warga Kota Angin bisa melaporkan kejadian darurat yang membutuhkan penanganan cepat seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran dan situasi darurat lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Nganjuk Slamet Basuki AP, dalam keterangan tertulisnya Rabu (22/6/2022).

Menurut Slambas, sapaan akrab Slamet Basuki, nomor layanan pengaduan tersebut dapat dihubungi melalui telepon, SMS maupun WhatsApp (WA).

“Nomor ini memudahkan masyarakat mendapatkan pertolongan jika ada kondisi darurat, karena terus aktif selama 24 jam," ujarnya.

Selain itu, lanjut Slambas, masyarakat juga dapat memantau proses dan hasil layanan pengaduannya melalui website https://wadulbupati.nganjukkab.go.id (KLIK DI SINI UNTUK MEMBUKA).

Lebih lanjut dikatakan Slambas, layanan nomor darurat dan link website tersebut diberi nama "Wadul Kang Marhaen", karena berangkat dari instruksi langsung Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Tujuannya, agar warga dapat memanfaatkan nomor tersebut untuk melaporkan kejadian darurat yang dilihat atau dialaminya. Layanan call center tersebut juga terintegrasi dengan pelayanan berbagai instansi, antara lain terkait kebakaran dan evakuasi hewan liar, gangguan kamtibmas, pertolongan kesehatan, kerusakan jalan dan jembatan, kerusakan PJU dan rambu lalu-lintas, permasalahan sosial hingga kebencanaan.

Menurut Slambas, seluruh masyarakat Kabupaten Nganjuk bisa memanfaatkn layanan nomor dan link website tersebut sewaktu-waktu melalui handphone masing-masing. Kejadian darurat apapun yang terjadi di masyarakat langsung dilaporkan. Namun, ia berpesan agar tidak dibuat mainan atau iseng.

“Harapannya, layanan "Wadul Kang Marhaen" yang dikelola oleh Command Center Dinas Kominfo Nganjuk ini dapat dimanfaatkan untuk kejadian gawat darurat. Sebagai contoh, misalnya ada pohon tumbang di tepi jalan raya, segera hubungi nomor 0811-3118-1001, maka instansi terkait seperti BPBD akan merespons dengan cepat menanganinya,” jelas Slambas.

Rif/ads/Nji



Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System