Gubernur Khofifah-Plt Bupati Marhaen Tinjau Peternakan Sapi di Pace

Gubernur Khofifah saat mengecek sapi ternak dalam kunjungannya ke peternakan PT Tunas Jaya Raya, Babadan Pace, Nganjuk, Senin (20/6/2022)
Senin 20 Juni 2022

matakamera, NGANJUK - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mendatangi sentra penjualan dan peternakan sapi di Kabupaten Nganjuk, Senin (20/6/2022).

Peninjauan sentra hewan kurban sengaja terus dilakukan Gubernur Khofifah untuk memberikan pesan pada masyarakat bahwa meski tengah dilanda wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dipastikan masih banyak sentra dan peternakan di Jatim yang hewannya sehat serta aman untuk dijadikan hewan kurban.

Seperti sentra hewan kurban yang didatangi Gubernur Khofifah hari ini milik PT Tunas Jaya Raya yang berlokasi di Jalan Raya Nganjuk-Kediri Desa Babatan, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Di peternakan ini total ada sebanyak 400 ekor sapi potong dan 500 ekor kambing.

Disiarkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Nganjuk, Gubernur Khofifah meninjau dan mengamati langsung kondisi kelayakan dan kebersihan kandang di peternakan tersebut. Ia juga mengamati langsung kondisi kesehatan hewan ternak tersebut.

“Saya melakukan kunjungan di beberapa titik untuk memberikan referensi pada masyarakat bahwa di tengah upaya treatment kita tekait PMK, masih banyak tempat kandang  ternak di Jatim yang hewan ternaknya  sehat dan memenuhi syarat untuk kurban. Salah satunya di peternakan ini,” katanya.

Dari 400 ekor sapi di sana, terdiri dari 390 ekor sapi jenis simental, dan 10 ekor jenis limousin. Rata-rata sapi tersebut memiliki berat di atas 600 kg. Dan semuanya telah dinyatakan sehat dan siap untuk dijadikan hewan kurban.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 80 persen sudah dipesan untuk kebutuhan hewan kurban di sejumlah tempat. Tidak hanya sapi, di tempat ini juga dijual sekitar 500 ekor kambing untuk kurban.

Sementara Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya segera melaksanakan apa yang disampaikan Gubernur Jawa Timur. Yakni dengan akan mengeluarkan surat keterangan sehat untuk hewan yang layak untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Dengan demikian hewan-hewan tersebut betul-betul sehat ketika dijadikan hewan kurban.

Selain pihaknya juga mengharapkan kepada takmir masjid untuk berkonsultasi ke Dinas Pertanian untuk memastikan di mana tempat hewan yang sehat dan aman sebagai hewan kurban.

"Dan Kabupaten Nganjuk kami rasa stok untuk hewan kurban yang sehat dan aman sudah mencukupi. Dengan demikian masyarakat tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkan hewan kurban yang sehat dan aman dari PMK," tutur Marhaen.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System