"Wadul Kang Marhaen" Siap 24 Jam Layani Aduan Masyarakat Nganjuk

Plt Bupati Nganjuk Kang Marhaen saat berbicara di acara Ngopi Bareng, di hadapan seluruh jajaran OPD Pemkab Nganjuk, Rabu (29/6/2022)
Rabu 29 Juni 2022

Dikelola Dinas Kominfo Nganjuk, Tersedia Layanan Call Center hingga Aplikasi

matakamera, Nganjuk - Sebagai tindak lanjut peluncuran layanan call center darurat dan link website "Wadul Kang Marhaen", Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Nganjuk menggelar "Ngopi Bareng Kang Marhaen" di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Pemkab Nganjuk, Rabu (29/6/2022).

Acara tersebut merupakan ajang konsolidasi yang dikemas dengan ngopi bersama, dalam suasana yang santai dan penuh keakraban. Sesuai judulnya, hadir langsung Pelaksana tugas (Plt) Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, bersama dengan Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin, serta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Nganjuk.
Selain itu, Untuk diketahui, hadir pula pegiat medsos Supriadi Asia sebagai narasumber. Ia menyampaikan materi terkait optimalisasi media sosial bagi OPD.

Plt Bupati Nganjuk Kang Marhaen dan Kepala Diskominfo Nganjuk Slamet Basuki

Mengusung tema“Bangkit Bersama Wujudkan Pelayanan Prima”, dalam kesempatan tersebut Marhaen Djumadi mengajak seluruh jajarannya untuk siap 24 jam melayani masyarakat, khususnya dalam pengaduan darurat melalui layanan "Wadul Kang Marhaen".


"Saatnya kita bangkit dan berani berubah. Kita harus melayani setiap pengaduan dari masyarakat dengan prinsip responsiveness atau kecepatan dan realibility yang berarti ketepatan," terang Marhaen.

Tindakan cepat dan tepat menurut Marhaen diterapkan dalam pelayanan pelaporan kedaruratan, seperti  kebakaran dan evakuasi hewan liar, gangguan kamtibmas, pertolongan kesehatan, kerusakan jalan dan jembatan, kerusakan PJU dan rambu lalu lintas, permasalahan sosial, dan kebencanaan.

"Masyarakat bisa langsung melaporkan permasalahan di lingkungannya melalui saluran "Wadul Kang Marhaen" di Layanan Darurat Command Center selama 24 jam," kata Marhaen

Dijelaskannya, setiap pengaduan dan laporan yang masuk ke nomor 081131181001 akan langsung diolah oleh tim admin dan selanjutnya diteruskan ke tim eksekutor langsung di lapangan. Di mana setiap respons pengaduan itupun harus dimonitor dan dipantau oleh kepala OPD bidang bersangkutan.

Serta, dapat dipantau proses penanganannya melalui kanal website https://www.wadulbupati.nganjukkab.go.id.


Sementara itu, sebagai pengampu command center atau pusat pengaduan masyarakat, Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk memiliki peran vital. Salah satunya adalah mengkoordinir berbagai aduan dari masyarakat terkait pelayanan pemerintah daerah kepada perangkat daerah yang menangani secara teknis.
 
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki menambahkan, command center merupakan amanah dari Rencana Kerja Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nganjuk. Yaitu membentuk pusat mengaduan pelayanan publik, atau command center. Command center sendiri telah berdiri sejak Desember 2019.

Command center telah memasuki tahun ketiga. Dinas Kominfo sebagai pengampu berupaya melakukan revitalisasi layanan darurat. Kegiatan ini adalah tindak lanjut atas koordinasi yang telah dilakukan sebelumnya. Bisa dikatakan ini adalah yang ketiga. Kita jadikan konsolidasi puncak, agar usai kegiatan ini langsung ada aksi maksimal dan pelayanan akan optimal. Serta kami sebarluaskan, agar kerja keras melayani ini bisa diketahui masyarakat,” tukas Slamet Basuki.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System