Dihadiri Presiden Jokowi, Kepala BNNK Nganjuk dan Forkopimda Peringati HANI 2022 secara Virtual

Kepala BNNK Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto M.Si (depan, dua dari kanan) saat mengikuti upacara virtual Peringatan HANI 2022 bersama jajaran Forkopimda Nganjuk, Senin (27/6/2022)
Senin 27 Juni 2022

matakamera, Nganjuk - Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto M.Si bersama jajaran Forkopimda Nganjuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022 secara virtual di Ruang Rapat Kantor BNNK Nganjuk, Senin (27/6/2022).

Jajaran Forkopimda Nganjuk yang hadir di antaranya Kepala Kejari Nganjuk Nophy Tennophero Suoth, Kasdim 0810/Nganjuk Mayor (Inf) M. Samsul Hadi, Kasat Resnarkoba Polres Nganjuk AKP Joko Santoso, dan Staf Ahli Bupati Nganjuk Bidang Pemerintahan Jusuf Satrio Wibowo.

Upacara virtual tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala BNN RI Komjen Pol Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose M.M.

Dalam laporannya, Komjen Petrus menyampaikan bahwa setiap tanggal 26 Juni selalu diperingati HANI. Tahun 2022 ini, HANI bertemakan kerja cepat, kerja hebat, berantas narkoba di Indonesia menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar).

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato secara virtual pada Peringatan HANI 2022

“Peringatan HANI ini bertujuan untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba,” ucapnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan, penanggulangan narkoba harus dilakukan secara holistik, baik dengan hard power melalui pemberantasan dan soft power melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, serta smart power melalui pengembangan IT.

“Dengan tagline, War on Drugs, perang melawan narkoba masih dalam bingkai human right, dan sesuai koridor penegakkan hukum yang profesional dan proporsional,” jelasnya.

Terhadap perang melawan narkoba, BNN mengambil arah kebijakan dengan melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang profesional, peningkatan lembaga rehabilitasi, pemberdayaan ketahanan masyarakat terhadap kejahatan narkotika, dan peningkatan sinergitas dengan pemangku kepentingan di level nasional, regional dan internasional.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat dan seluruh elemen bangsa agar menjadikan HANI tahun ini untuk meneguhkan komitmen, menguatkan tekat, dan kerjasama melakukan upaya-upaya yang tak pernah surut membebaskan anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kemudian, kepada BNN, ia meminta, agar terus melakukan upaya penguatan, pencegahan, dan pemberantasan narkoba dengan menutup semua celah yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Menyiapkan strategi dan aksi untuk mencegah berkembangnya modus operandi pelaku kejahatan narkoba, mengantisipasi perkembangan baru dan modus baru para pelaku kriminal termasuk dalam pemanfaatan teknologi terbaru,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berharap, agar dalam mengahadapi tantangan-tantangan baru, BNN dapat meningkatkan kemampuan SDM-nya, mengutamakan layanan rehabilitasi serta tingkatkan aksesibilitas dan akseptabilitas yang menjangkau hingga ke tingkat desa, sehingga masyarakat mendapatkan layanan rehabilitas yang terjangkau.

“Saya tidak akan mentoleransi, tidak mentolerir, aparat BNN yang menyalahgunakan kewenangannya,” pungkas Presiden Jokowi.

Kepala BNNK Nganjuk AKBP Ir Bambang Sugiharto M.Si mengatakan, dalam momentum Peringatan HANI tahun 2022 ini diharapkan agar semua pihak tetap waspada terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
"BNN Nganjuk akan terus fokus pada pelaksanakan program Pencegahan, Pemberantan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ke berbagai kalangan," ujar mantan Kepala BNN Kota Malang tersebut.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System