SMK PGRI 1 Nganjuk dan PT Bambang Djaja Teken MoU Pendidikan Vokasi

Penandatanganan MoU antara SMK PGRI 1 Nganjuk dan PT Bambang Djaja dilaksanakan pada Jumat (30/9/2022)
Jumat 30 September 2022

matakamera, Nganjuk - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Nganjuk terus memperkuat kemitraan dengan dunia industri dan dunia usaha. Yang terbaru adalah kerjasama program magang pendidikan vokasi dengan perusahaan manufacturing transformer terkemuka di Indonesia, PT Bambang Djaja.

Kerjasama dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kepala SMK PGRI Nganjuk Drs Lukman M.MPd dengan Mahmud Junaidi S.IP, SH, kuasa Direksi PT Bambang Djaja, Jumat (30/9/2022).


Kepala SMK PGRI 1 Nganjuk Drs Lukman M. MPd mengatakan, kerjasama dengan PT Bambang Djaja ini merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi. Dunia usaha menjadi mitra institusi pendidikan untuk menyelaraskan pendidikan dan pelatihan vokasi dalam negeri.


"Kami membangun kemitraan erat dengan PT Bambang Djaja untuk membantu meningkatkan kualitas talenta muda SMK PGRI 1 Nganjuk, melalui program magang pendidikan vokasi," ujar Lukman.

Ia mengatakan, SMK PGRI 1 Nganjuk adalah istitusi pendidikan yang mengembangkan kompetensi keahlian peserta didik di berbagai bidang. Antara lain teknik audio video, teknik permesinan, teknik bisnis sepeda motor, teknik komputer dan jaringan, teknik kendaraan ringan otomotif, desain pemodelan dan informasi bangunan, teknik instalasi tenaga listrik dan teknik pengelasan.
"Anak didik kami digembleng guru-guru yang terampil dan telah mengukir prestasi di berbagai jenjang," ujar Lukman.

Pihaknya pun bersyukur telah menjalin kerjasama dengan PT Bambang Djaja dan berharap terus terjalin dengan baik.

Ahmad Adzim S.Pd., Wakil Humas SMK PGRI 1 Nganjuk menjelaskan, kerjasama tersebut melibatkan dua jurusan, yakni Jurusan Teknik Instalasi tenaga listrik (TITL) dan Jurusan Teknik Pengelasan (T.LAS).

Adapun ruang lingkup kerjasamanya meliputi :
1. Pengembangan pendidikan

2. Praktik kerja lapangan dan industri

3. Uji kompetensi

4. Program magang guru,

5. Teaching factory (TEFA), serta

6. Pemberian informasi lowongan pekerjaan kepada peserta didik SMK PGRI 1 Nganjuk.


Lebih lanjut Adzim mengatakan, penandatanganan MoU ini bertujuan untuk mengolaborasikan antara dunia usaha dan dunia pendidikan dengan lebih baik.

"Harapannya dapat menciptakan link and match yang secara otomatis akan memberikan keuntungan kepada semua pihak,” kata Adzim.

Artinya, lanjut Adzim, ke depan jika PT Bambang Djaja membutuhkan tenaga kerja tidak perlu bingung dalam melakukan penerimaan calon tenaga kerja yang memiliki skill yang dibutuhkan, karena sudah tersedia dari lulusan SMK PGRI 1 Nganjuk.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System