Duet Pak Adi - Kang Marhaen Bakar Semangat Siswa SMKN 1 Nganjuk

Plt Kacabdindik Jatim wilayah Nganjuk Adi Prayitno saat memberi motivasi kepada ratusan siswa SMKN 1 Nganjuk (29/12/2022)
Kamis 29 Desember 2022

Buah Kolaborasi Cabdindik Jatim dan Pemkab Nganjuk untuk Penguatan Karakter, Etos Kerja dan Kemandirian Siswa

matakamera, Nganjuk - Kamis 29 Desember 2022 menjadi hari istimewa bagi siswa-siswi SMK Negeri 1 Nganjuk. Pasalnya, sekolah mereka didatangi dua tokoh leader kondang sekaligus, yakni Pelaksana tugas (Plt) Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dan Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdindik) Jatim wilayah Nganjuk Adi Prayitno.

Keduanya tampil berduet di depan ratusan siswa SMKN 1 Nganjuk, sebagai narasumber sekaligus motivator dalam forum Character Building (Pendidikan Karakter) Siswa-Siswi SMKN 1 Nganjuk, yang bertujuan untuk penguatan karakter, etos kerja dan kemandirian siswa. Kegiatan tersebut adalah buah kolaborasi Cabdindik Jatim wilayah Nganjuk dan Pemkab Nganjuk.

Sama-sama memakai udheng, Pak Adi dan Kang Marhaen berfoto bersama para siswa SMKN 1 Nganjuk

Tak pelak, kedatangan Kang Marhaen, sapaan akrab Marhaen Djumadi, dan Pak Adi, sapaan karib Adi Prayitno, langsung disambut riuh dan antusias oleh 128 siswa-siswi SMKN 1 Nganjuk. Begitu pula dengan 
Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk Heru Hartanto beserta jajaran guru dan staf.

Dipandu praktisi hukum Nganjuk Anang Hartoyo, acara tersebut berlangsung meriah dan penuh suasana keceriaan dan keakraban.

Pak Adi yang mendapat giliran pertama tampil, langsung 'membakar' semangat para siswa. Ia antara lain menekankan pentingnya adab dan moral di samping ilmu formal yang diterima di kelas.

“Adab lebih penting dari ilmu. Sehingga ketika kita mempunyai ilmu, harus dibarengi dengan perilaku yang baik,” ujarnya.

Pak Adi juga menekankan agar para siswa SMKN 1 Nganjuk lebih bisa berkonsentrasi, fokus, serta memiliki cita-cita dan tujuan hidup yang jelas.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa pendidikan karakter atau character building merupakan bagian dan implementasi kurikulum Merdeka Belajar.

"Di mana para siswa belajar berkolaborasi dengan orang lain, menghormati perbedaan, bersikap adil, dan mengendalikan emosi negatif," urainya.

Untuk diketahui, Merdeka Belajar secara konsep merupakan suatu gerakan untuk membebaskan lembaga pendidikan dan mendorong anak berinovasi dan mengembangkan pemikiran kreatif.

Sementara itu, Kang Marhaen yang tampil berikutnya memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Nganjuk agar lebih bersemangat dan bermental tangguh.

“Syarat ingin sukses yang pertama berani mimpi. Yang kedua anda harus berani mencoba," ucap Kang Marhaen.

Berikutnya syarat yang ketiga, lanjut Kang Marhaen, adalah berani gagal. Karena hal itu disebutny akan membentuk dan memperkuat karakter dan mental yang tangguh. Adapun yang keempat atau yang terakhir, adalah berani sukses.

"Maka yang perlu anda siapkan empat syarat itu,” pungkas Kang Marhaen.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System