Plt Bupati Nganjuk Beri Pembinaan Kader Kesehatan hingga Guru PAUD di Kecamatan Ngetos

Plt Bupati Nganjuk berfoto bersama kader kesehatan, kader KB dan guru PAUD Kecamatan Ngetos, Rabu (30/11/2022)
Kamis 1 Desember 2022

matakamera, Nganjuk - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk terus melakukan pembinaan lembaga kemasyarakatan desa (LKD) di sejumlah kecamatan. Pada Rabu (30/11/2022), giliran Kecamatan Ngetos yang disambangi langsung oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Marhaen tampak didampingi Asisten Pemerintahan Pemkab Nganjuk Samsul Huda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Puguh Harnoto, dan Kepala Satpol PP Nganjuk Suharono.

Pembinaan di kecamatan ini difokuskan untuk peningkatan kompetensi kader-kader dan LKD yang ada di setiap desa.

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menjelaskan, bahwa Pemkab Nganjuk akan terus menunjukkan kepedulian terhadap kader-kader dan lembaga kemasyarakatan di tingkat desa.

Mengingat, mereka adalah ujung tombak dan menjadi 'wajah' pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di tingkat desa.

"Peran dan eksistensi para kader dan lembaga kemasyarakatan desa ini penting dan strategis, maka Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Nganjuk melaksanakan kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas penguatan lembaga kemasyarakatan desa," jelas Kang Marhaen sapaan akrab Marhaen Djumadi.

Asisten Pemerintahan Pemkab Nganjuk Samsul Huda mengatakan, pembinaan tahap awal di Kecamatan Ngetos ini melibatkan kader kesehatan, kader KB, guru PAUD dan lembaga kemasyarakatan desa lainnya.

"Dengan adanya pembinaan ini, nantinya semua lembaga kemasyarakatan desa, termasuk kader PAUD dan sebagainya bisa semakin meningkat kompetensinya," ujar Samsul.

Menurut Samsul, saat ini eranya sudah berbeda. Di mana, para kader desa tersebut dituntut untuk cakap dalam berkomunikasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan "Sapa" dan "Salam".

Lebih lanjut Samsul berharap, agar ke depan para kader desa tersebut bisa lebih terjamin kesejahteraannya. Sehingga, akan lebih memotivasi mereka untuk memberi pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

"Jadi meskipun konteksnya pengabdian kepada masyarakat, tetapi ke depan mudah-mudah semakin terfikirkan (kesejahterannya). Jadi ada dukungan dari desa, dari kecamatan maupun dari OPD teknis, dalam rangka pemberdayaan kader di Kecamatan Ngetos ini," tukas Samsul.

Untuk diketahui, dalam pembinaan LKD di Kecamatan Ngetos kali ini, juga dilakukan pembagian bibit tanaman dari Pemkab Nganjuk kepada para kader desa. Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada kader-kader berprestasi di tingkat desa.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System