Plt Bupati Nganjuk Kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

Selain mengukuhkan TPAKD, Plt Bupati Nganjuk juga me-launching program unggulan KURASI Bawang Merah, Jumat (2/12/2022)
Jumat 2 Desember 2022

matakamera, Nganjuk - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Nganjuk secara resmi mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Nganjuk, di Pendopo KRT Sosrokoesoemo Pemkab Nganjuk, Jumat (2/12/2022).

Acara pengukuhan tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Kepala Kantor OJK Kediri, Bambang Supriyanto serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri.

Marhaen di sela-sela pengukuhan mengatakan, TPKAD memiliki tugas khusus untuk mempercepat akses keuangan di Kabupaten Nganjuk.

"TPAKD Kabupaten Nganjuk merupakan suatu forum koordinasi antar instansi (OPD) dan stakeholder (Lembaga keuangan / perbankan di wilayah Nganjuk), untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," terang Marhaen.

Untuk diketahui, TPAKD Kabupaten Nganjuk diketuai oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Nganjuk Judi Ernanto.

Lebih lanjut Marhaen menjabarkan, TPAKD di Kabupaten Nganjuk memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya untuk mendukung perekonomian daerah. Lalu, mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif.

"Berikutnya, mendorong LJK untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah dan menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan," urai Marhaen.

Selain itu, lanjutnya, juga mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif, antara lain untuk mengembangkan umkm, usaha rintisan

Serta, mendukung program Pemerintah dalam upaya meningkatkan indeks inklusi keuangan di Indonesia.

Usai pengukuhan, Marhen langsung meminta TPAKD Kabupaten Nganjuk bergerak cepat menginventarisasi masalah dan bekerja dengan target. Terlebih, saat ini Kabupaten Nganjuk tengah mengejar target digitalisasi daerah.

"Semakin masyarakat Nganjuk bisa dengan mudah mengakses lembaga keuangan, yang bersinergi dengan potensi wilayah masing-masing, maka diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat," tukas Marhaen.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Bupati Nganjuk bersama Kepala OJK Kediri dan Kepala Perwakilan BI Kediri juga me-launching Program Unggulan Kabupaten Nganjuk, yakni KURASI (Kuatkan Ragam Potensi) Bawang Merah sebagai program utama TPAKD Kabupaten Nganjuk.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System