Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Pemkab Nganjuk Tanam Bibit hingga Lepas Burung

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dan jajaran saat melepas burung me habitatnya, pada peringatan HCPSN 2022 di Kantor DLH Nganjuk, Jumat (2/12/2022)
Jumat 2 Desember 2022

matakamera, Nganjuk - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar sejumlah kegiatan untuk memeriahkan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN), Jumat (2/12/2022).

Kegiatan yang digelar di Halaman DLH Kabupaten Nganjuk tersebut, mengambil tema 'Potensi Plasma Nuftah Puspa dan Satwa Indonesia Bagi Pembangunan Ekonomi Nasional'.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, bersama Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk Himawan Estu Bagijo, Kepala DLH Kabupaten Nganjuk Subani, dan sejumlah OPD Pemkab Nganjuk.

Kepala DLH Kabupaten Nganjuk Subani menjelaskan, serangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain senam bersama, penaburan benih ikan di kolamting (kolam pencegahan stunting), penanaman bibit pohon, dan pelepasan burung ke habitat aslinya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengingatkan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan masyarakat, dan pemanfatannya secara berkelanjutan untuk kehidupan manusia," ujarnya.

Menurut Subani, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk terus berupaya meningkatkan perlindungan dan pelestarian flora dan fauna serta untuk menumbuhkembangkan kepedulian, rasa cinta dan kebanggaan terhadap flora dan fauna Indonesia.

"Kami akan melaksanakan sosialisasi pengelolaan lingkungan hidup di 20 kecamatan, selain itu kami juga akan menggalakkan penanaman pohon di daerah rawan bencana dan di sepanjang jalan," ujarnya. 

Nantinya, Subani juga akan mengembangkan kolamting dan membuat hutan kota yang ramah terhadap lansia dan anak, sekaligus memberikan edukasi terhadap masyarakat, sambung Subani memungkasi pernyataannya.

Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi atau yang akrab disapa Kang Marhaen menyampaikan, pihaknya menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya ini penting untuk meningatkan kesadaran, pengetahuan dan kepedulian serta perlindungan terhadap pelestarian lingkungan. Khususnya tumbuhan dan binatang.

"Kita harus bersama-sama memerangi penembakan terhadap burung dan menghindari penggunaan putas. Yuk jaga lingkungan kita, agar lingkungan juga menjaga kita," kata Kang Marhaen.

Lebih lanjut, Kang Marhaen menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder terkait yang telah berpartisipasi menjaga lingkungan di Kabupaten Nganjuk. 

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nganjuk yang telah berpartisipasi menjaga lingkungan kita," pungkas Kang Marhaen. 

Untuk diketahui, puncak peringatan HCPSN juga berisi serangkaian pemberian penghargaan terhadap desa dan kelurahan yang berprestasi di bidang lingkungan. Ada juga pemberian penghargaan terhadap sekolah-sekolah yang menyandang status Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System