Cegah Aliran Sesat, Kejari Nganjuk Gelar Rakor Bersama Tim Pakem

Kajari Nganjuk Nophy TS saat membuka Rakor Pakem di Rumah RJ Sasono Pangimbangan, Selasa (10/1/2023)
Selasa 10 Januari 2023

matakamera, Nganjuk - Mengawali Tahun 2023, Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Tim Pakem, di Rumah Restorative Justice Sasono Pangimbangan, Selasa (10/1/2022). Rakor itu dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Nganjuk Nophy Tennophero Suoth.

Untuk diketahui, Pakem merupakan singkatan dari pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat. Selain dari kejaksaan, tim ini juga terdiri dari unsur kepolisian, TNI, kemenag, kesbangpol, disparporabud, dan FKUB.

Kajari Nophy mengatakan, tujuan rakor tersebut untuk mencegah berkembangnya aliran kepercayaan yang menyimpang atau sesat.

"Sehingga tim pakem dapat mengambil langkah-langkah atau tindakan terhadap aliran-aliran kepercayaan yang dapat membahayakan kerukunan masyarakat dan negara," ujarnya.

Adapun untuk mencegah berkembangnya aliran sesat atau yang mengarah ke radikalisme, tim pakem melakukan sejumlah langkah. Yakni melakukan sosialisasi lewat spanduk, poster, ataupun media sosial. 

Menurut Nophy, keberadaan aliran kepercayaan dan aliran agama di masyarakat harus menjadi potensi yang menambah keberagaman budaya bangsa. Bukan untuk memecah bangsa.

Aliran kepercayaan dan agama harus dapat dijadikan satu kekuatan dalam peningkatan pembangunan bangsa dan negara menjadi lebih baik menuju masyarakat Indonesia yang adil, makmur serta sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," pungkas Nophy.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System