Amankan Pilkades Serentak di Nganjuk 27 April 2023, Polres Terjunkan 400 Personel

Personel pengamanan pilkades serentak saat mengikuti Apel Pergeseran Pasukan di halaman Mapolres Nganjuk, Rabu pagi (26/4/2023)
Rabu 26 April 2023

matakamera, Nganjuk- Polres Nganjuk menggelar apel pergeseran pasukan dalam rangka mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Nganjuk, di lapangan Apel Polres Nganjuk, Rabu (26/4/2023).

Adapun pilkades akan dilaksanakan di 16 desa pada Kamis besok (27/4/2023), dengan rincian 13 desa melaksanakan pilkades reguler dan 3 lainnya PAW.

Apel pergeseran pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, dan diikuti oleh 200 personel pasukan gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan perwakilan Linmas.

"Apel pergeseran pasukan merupakan pengecekan kesiapan personel yang akan mengamankan Pilkades serentak di wilayah Nganjuk pada tahap 1 dan pergantian antar waktu (PAW) tahun 2023," ujar Muhammad.

Polres Nganjuk menyiapkan 400 personel Polri untuk mengamankan gelaran pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Untuk diketahui, 13 desa yang menggelar pilkades reguler atau murni antara lain Desa Sawahan dan Desa Bareng di Kecamatan Sawahan, serta Desa Blongko dan Desa Suru di Kecamatan Ngetos.

Lalu, Desa Gempol dan Desa Kedungpadang di Kecamatan Rejoso, serta Desa Sumberjo dan Desa Nglinggo di Kecamatan Gondang.

Berikutnya, Desa Munung dan Desa Pule di Kecamatan Jatikalen. Kemudian, Desa Pelem, Kecamatan Kertosono. Dua terakhir adalah Desa Watudandang, Kecamatan Prambon dan Desa Sendangbumen, Kecamatan Berbek.

Sedangkan tiga desa yang menggelar pilkades PAW adalah Desa Kedungmlaten dan Desa Banjardowo di Kecamatan Lengkong, serta Desa Patihan Kecamatan Loceret.

Lebih lanjut Muhammad mengatakan, tugas utama anggota polri dalam pilkades serentak  ini adalah menjamin keamanan dan kelancara selama pelaksanan hingga selesai.

“Personel pengamanan harus siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi mengingat kompleksitas kerawanan dan karakteristik antar wilayah yang khas, untuk itu kepada para komandan agar mengecek perlengkapan perorangan dan alat komunikasi,” kata Muhammad.

Ia menambahkan, dalam setiap tindakan pedomani Perkap-1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisia. Jangan melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum serta tingkatkan kewaspadaan.

“Selamat bertugas, tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian, mari kita sukseskan pengamanan Pilkades serentak sebagai penanda demokrasi di tingkat bawah ini,” pungkas Muhammad.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System