Kirab Nyadran Kedungboto, Fauzi Irwana Diarak Naik Kepala Reog

Anggota DPRD Nganjuk Fauzi Irwana saat menaiki kepala reog dan disambut tepuk tangan riuh warga (12/5/2023)
Jumat 12 Mei 2023

matakamera, Nganjuk - Jumat pagi (12/5/2023), kemeriahan tampak di Dusun Kedungboto, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk. Ratusan warganya beramai-ramai melakukan kirab menyusuri jalanan dusun setempat.

Mereka mengusung belasan gunungan berisikan hasil bumi yang diarak mulai dari depan rumah Anggota DPRD Nganjuk Fauzi Irwana, hingga rumah Kepala Dusun (Kasun) Kedungboto. Iring-iringan kirab tersebut juga dimeriahkan dengan seni atraksi Reog Ponorogo.

Nyadran atau sedekah bumi ini salah satu tradisi mengenang para pendiri desa. Di mana di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan bersih desa dan tasyakuran.

Fauzi Irwana bersama Kasun dan sesepuh Dusun Kedungboto

‘’Kirab atau pawai bersih desa ini menuju rumah Pak Kasun. Warga dikumpulkan dengan kentongan lalu disajikan seni langen bekso dan campursari,” kata Fauzi Irwana, yang merupakan putra asli Dusun Kedungboto.


Fauzi pagi itu tampak mengenakan busana warog Reog, lengkap dengan udeng dan aksesoris lainnya.

Di tengah kirab, Fauzi secara spontan digendong oleh beberapa warga kemudian diangkat naik ke kepala reog atau singo barong. Ia kemudian mendapat tepuk tangan riuh dari seluruh warga.


Lebih lanjut ia mengatakan, tradisi
rutin warga Kedungboto setiap tahun tersebut dapat memberi dampak positif, terutama bagi generasi muda agar tidak melupakan asal-usul dan budaya.

"Alhamdulillah dari tahun ke tahun antusiasme warga tinggi untuk menggelar tradisi ini. Ini adalah tradisi nguri-uri budaya tahunan setiap panen raya dan digelar di Hari Jumat Pon," sambung Fauzi.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System