Elpiji 3 Kilo Langka, Wakil Ketua DPRD Nganjuk Gercep Sidak SPBE

Wakil Ketua DPRD Nganjuk Raditya Haria Yuangga bersama Tim Asisten Ekbang Pemkab Nganjuk saat sidak SPBE Loceret dan Pace, Rabu (7/6/2023)
Rabu 7 Juni 2023

matakamera, Nganjuk - Masyarakat Kabupaten Nganjuk merasakan kelangkaan gas tabung elpiji 3 kilogram dalam beberapa hari terakhir. Merespons permasalahan tersebut, Wakil Ketua DPRD Nganjuk Raditya Haria Yuangga bergerak cepat mendatangi sejumlah Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Kota Angin, pada Rabu (7/6/2023),

Inspeksi mendadak (sidak) itu dilakukan Yuangga bersama tim Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Pemkab Nganjuk. Mereka mendatangi SPBE Loceret dan SPBE Pace.

Kepada wartawan Yuangga mengatakan, pasokan gas elpiji di kedua SPBE tersebut normal, berdasarkan hasil pengecekannya secara langsung di lokasi.

"Ketika rapat dengan pihak Pertamina pun, kami mendapat informasi bahwa di tingkat agen-agen juga tidak meminta penambahan kuota. Masih normal seperti biasa," ujarnya.

Yuangga menduga kelangkaan elpiji 3 kilogram terjadi karena panic buying di tengah masyarakat.

"Ini baru pertama kalinya terjadi kelangkaan di seluruh wilayah Kabupaten Nganjuk. Tahun-tahun lalu (kelangkaan) hanya terjadi di satu atau dua kecamatan," imbuh legislator yang juga menjabat Ketua DPC Partai Hanura Nganjuk tersebut.

Yuangga juga menduga, kelangkaan terjadi karena 'permainan' di tingkat bawah atau di tingkat agen.

"Oleh karena itu kami berharap APH (aparat penegak hukum) juga turun tangan melakukan pengawasan, serta penindakan jika terjadi penyimpangan," urainya.

Langkah berikutnya usai sidak, lanjut Yuangga, pihaknya akan memanggil perwakilan agen dan SPBE, bersama-sama dengan Pemkab Nganjuk, dengan tujuan agar Pertamina bisa menambah kuota elipiji 3 kilogram di Kota Angin.

Sementara itu Asisten Ekbang Pemkab Nganjuk Judi Ernanto menjelaskan, kelangkaan elpiji 3 kilogram di Nganjuk diduga disebabkan karena adanya libur panjang pada awal bulan Juni ini.

“Itu ya salah satu penyebabnya kan ada hari libur yang berturut-turut, pengiriman elpiji dari Pertamina itu kan berdasarkan hari masuk (kerja),” paparnya.

Menurut Judi, libur panjang itulah yang menjadikan pasokan elpiji 3 kilogram di tingkat pengecer berkurang.

“Makanya kita tadi juga koordinasi dengan Pertamina Kediri, dengan SPBE, dengan agen, dan dengan pangkalan, kita berharap ini bisa segera terkondisikan,” pungkasnya.

Rif/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System