Raih Kepercayaan Tinggi Masyarakat selama PPDB, SMAN 1 Kedungadem Balas dengan Segudang Prestasi

Kepala SMAN 1 Kedungadem bersama jajaran guru dan karyawan siap mendampingi siswa-siswi meraih prestasi gemilang
Ahad 2 Juli 2023

BOJONEGORO, matakamera.net - Tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro tak perlu diragukan lagi.

Terbukti, pada masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 ini, animo atau antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mendaftarkan putera-puteri mereka, menjadi siswa baru di sekolah ini.

Kepala SMAN 1 Kedungadem, Drs. Muhammad Sony M.Pd., mengatakan, tingginya animo pendaftaran siswa baru di sekolah yang dipimpinnya terlihat pada 2 tahap PPDB yang sudah berjalan.

"Alhamdulillah, dari 2 tahap PPBD SMA Negeri 1 Kedungadem, telah diumumkan dan telah diterima sebanyak 162 siswa. Di mana dari keseluruhan 162 siswa itu semuanya sudah melakukan pendaftaran ulang," ujar Muhammad Sony, Sabtu (1/7/2023).

Sederet prestasi dan kegiatan SMAN 1 Kedungadem yang memperkaya kompetensi siswa-siswinya

Atas berkah capaian tersebut, Sony menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Kedungadem, yang telah memberikan kepercayaan tinggi kepada SMAN 1 Kedungadem.


Lebih lanjut dikatakan Sony, proses PPDB berikutnya tinggal 1 tahap lagi, yakni tahap zonasi. Iapun menyampaikan harapan dan rasa optimisme-nya, bahwa di tahap terakhir ini, juga akan banyak calon siswa dan siswi baru yang berbondong-bondong mendaftar.

"Sehingga, jika nanti diterima secara keseluruhan dan melakukan daftar ulang semua, maka jumlah siswa baru SMAN 1 Kedungadem berjumlah 324 anak. Maka keseluruhan dari kelas X sampai kelas XII akan berjumlah 919 anak," ungkap Sony.

Untuk membalas kepercayaan tinggi masyarakat tersebut, Sony dan segenap guru SMAN 1 Kedungadem bertekad untuk mempersembahkan segudang prestasi.

SMAN 1 Kedungadem memiliki inovasi Bina Prestasi, yang bertujuan mencetak lulusan berkualitas dan mampu menembus perguruan tinggi ternama maupun sekolah kedinasan

Bukan sekadar isapan jempol, tetapi langsung ditunjukkannya dengan langkah-langkah terobosan atau inovasi.


"Beberapa tahun ini SMAN 1 Kedungadem telah membuat terobosan atau inovasi, yang kamu beri nama Bina Prestasi," ucap Sony.

Ia menjelaskan, Program Bina Prestasi difokuskan mencetak alumni-alumni SMAN 1 Kedungadem yang mampu menembus perguruan tinggi-perguruan tinggi terkemuka, maupun sekolah-sekolah kedinasan atau sekolah ikatan dinas.

"Terbukti pada tahun (ajaran) ini (2022/2023), alumni-alumni SMAN 1 Kedungadem banyak diterima di perguruan tinggi yang level-nya lebih baik dari tahun kemarin," sebut Muhammad Sony.

Antara lain, alumni SMAN 1 Kedungadem ada yang diterima di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

"Bahkan yang sangat membanggakan, ada siswa kami yang berhasil diterima di Politeknik Nuklir Yogyakarta," tukasnya.

Siaran podcast siswa SMAN 1 Kedungadem dengan narasumber alumni yang sukses menjadi Polisi Militer TNI

Ini menurut Sony menjadi bukti bahwa semakin hari semakin tinggi prestasi anak-anak SMAN 1 Kedungadem. "Kami sangat bangga dengan capaian prestasi-prestasi tersebut," imbuhnya.


Istimewanya lagi, inovasi Program Bina Brestasi menurut Sony juga melibatkan wali murid. Mereka masuk dan terlibat langsung dalam tim penanganan Bina Prestasi SMAN 1 Kedungadem.

"Contoh keunggulan program inovatif ini, siswa-siswa peserta Bina Prestasi baru saja pulang dari Kampung Inggris Pare, Kediri, untuk belajar dan praktik langsung bahasa Internasional tersebut. Anak-anak berinteraksi langsung dengan para peserta didik yang ada di Kampung Inggris Pare," urai Sony.

Tujuannya untuk menambah wawasan, pemahaman dan skill berbahasa Inggris demi menghadapi tantangan era global.

Untuk diketahui, pada tahun ajaran 2022/2023, siswa dan guru SMAN 1 Kedungadem berhasil mengukir prestasi-prestasi bergengsi hingga skala nasional.

Beberapa di antaranya, Medali Emas Tingkat  Nasional dalam Jenius Science Competition 2.0 Bidang Fisika SMA/MA/SMK sederajat, Medali Perak Tingkat Nasional Aens Nasional Competition Vol.1 Bidang Sejarah, hingga Juara III Tingkat Jatim di ajang GCC Batch-3 Kategori lomba Video Tourism.

Bantu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat melalui Kerjasama UMKM

Selain konsisten menggembleng siswa-siswinya meraih prestasi, SMAN 1 Kedungadem juga membuat program khusus sebagai bentuk cinta dan kepedulian terhadap masyarakat.

Kepala SMAN 1 Kedungadem Muhammad Sony mengungkapkan, pihaknya membuka jaringan kerjasama dengan UMKM di wilayah Kecamatan Kedungadem.

Siaran podcast SMAN 1 Kedungadem dengan narasumber Kacabdindik Adi Prayitno S.Pd., M.M.

Hal ini dilakukan, dalam rangka untuk melebarkan atau memperluas azas kebermanfaatan SMAN 1 Kedungadem, yang disebut Sony tidak hanya di bidang pendidikan formal semata, tetapi juga di bidang ekonomi masyarakat.


"Monggo masyarakat Kedungadem, yang memiliki hasil karya, bisa dipromosikan lewat broadcast kami, dan kami siap untuk mempromosikannya, baik lewat Youtube, TikTok, Instagram dan lain-lain. Silahkan datang ke SMAN 1 Kedungadem, tidak dipungut biaya samasekali alias gratis. Karena SMAN 1 Kedungadem adalah milik masyarakat," ucap Sony.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim wilayah Bojonegoro, Adi Prayitno S.Pd., M.M., menyampaikan apresiasinya atas amanah dan kepercayaan tinggi yang diberikan masyarakat untuk SMAN 1 Kedungadem.

"Ini membuktikan kualitas SMAN 1 Kedungadem memang mumpuni, dan mampu bersaing dengan sekolah di kota-kota besar," kata Adi Prayitno.

Adi bahkan melihat sendiri, alumni-alumni SMAN 1 Kedungadem berhasil menembus perguruan tinggi ternama maupun sekolah-sekolah kedinasan. Termasuk mampu menembus Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol).

"Salah satu alumni SMAN 1 Kedungadem terbukti sukses menjadi kapolres lulusan Akpol. Beliau menjadi mitra kerja saya saat menjabat Kapolres Tuban," ujar Adi Prayitno.

Rif/Pas
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System