SMKN Kasiman Berkurban Sapi di Momen Idul Adha, Ajak Siswa Teladani Ketaatan Nabi Ismail

SMKN Kasiman menyembelihan hewan qurban sapi pada perayaan Idul Adha 1444 H/2023 ini
Jumat 30 Juni 2023

BOJONEGORO, matakamera.net - Dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 H, yang bertepatan dengan Hari Kamis (29/6/2023), Keluarga Besar SMKN 1 Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Penyembelihan hewan qurban tersebut dilaksanakan di halaman SMKN 1 Kasiman, dengan diikuti oleh Kepala Sekolah, guru, karyawan serta para siswa dan siswi. Sepanjang penyembelihan, mereka tak putus melantunkan takbir dan memunajatkan doa kepada Allah SWT.

Kepala SMKN 1 Kasiman, Edy Suroto S.Pd, M.M, mengatakan, kegiatan yang lekat dengan nilai-nilai ibadah sekaligus sosial ini rutin digelar oleh sekolahnya, ketika merayakan Idul Adha.

Para guru dan siswa SMKN Kasiman terlibat langsung dalam seluruh rangkaian penyembelihan qurban di sekolah mereka

"Ratusan paket daging qurban setelah dipiliah dan dibungkus, kemudian kami bagikan kepada masyarakat di sekitar SMKN 1 Kasiman," ujar Edy.


Menurutnya, dalam kegiatan ibadah qurban ini terkandung pelajaran dan teladan mendalam.

"Melalui penyembelihan hewan qurban ini, para siswa SMKN 1 Kasiman kami ajak untuk meneladani sosok Nabi Ismail AS, putera dari Nabi Ibrahim AS," terangnya.

Siswa SMKN Kasiman ikut membagikan paket daging qurban kepada masyarakat sekitar

Sebagaimana diketahui, lanjut Edy Suroto, Nabi Ismail AS semasa hidupnya memiliki ketaatan yang luar biasa. Baik kepada perintah Allah SWT maupun kepada Ayahandanya, Nabi Ibrahim AS.


"Tanpa ragu Nabi Ismail langsung menyanggupi permintaan Nabi Ibrahim untuk menyembelihnya, atas perintah Allah SWT. Dan seperti kita ketahui bersama, itu sebenarnya ujian keteguhan iman dan ketaqwaan mereka, bukan benar-benar akan disembelih," urai Edy.

Adapun teladan yang bisa dipetik oleh para siswa SMKN 1 Kasiman, adalah agar mereka menjadi anak yang taat dan berbakti kepada kedua orangtua, kepada Bapak Ibu guru, dan yang paling utama taat kepada Sang Pencipta.

"Sehingga betul-betul menjadi pribadi yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berkeahlian, berkompeten dan berkecerdasan," turut Edy.

Lebih lanjut Edy Suroto mengatakan, ibadah qurban ini juga membawa teladan bagi para guru di SMKN 1 Kasiman. Yakni, meneladani sifat Nabi Ibrahim AS yang memiliki rasa ikhlas dan tanggungjawab tinggi.

"Dengan begitu maka para guru SMKN 1 Kasiman menjadi pribadi yang ikhlas, dalam membimbing peserta didik, tanpa pamrih, demi ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," tukas Edy Suroto.

Kacabdindik Beri Apresiasi, Sebut sebagai Bentuk Nyata 5P

Kepala Cabdindik Jatim wilayah Bojonegoro Adi Prayitno mengapresiasi kegiatan qurban SMKN 1 Kasiman

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim wilayah Bojonegoro, Adi Prayitno S.Pd, M.M menyampaikan apresiasi tinggi, atas pelaksanaan penyembelihan qurban di SMKN 1 Kasiman.

Apalagi, lanjut Adi Prayitno, kegiatannya memang benar-benar melibatkan para siswanya secara langsung.

"Inilah wujud nyata penerapan 5 P di sekolah. Yaitu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Di mana tujuannya untuk mencetak peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga religius dan berakhlak mulia," terang Adi Prayitno.

Adi juga mengamini, bahwa kegiatan qurban Idul Adha ini juga mengandung pesan untuk meneladani sifat mulia Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

"Karena itu, kegiatan positif seperti ini akan terus kami gelorakan di setiap SMA dan SMK yang ada di wilayah Bojonegoro," pungkas Adi Prayitno.

Rif/Pas
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System