MoU dengan Apindo, SMK PGRI 1 Nganjuk Kerjasama PKL dan Datangkan Pengusaha Industri Jadi Guru

Kepala SMK PGRI 1 Nganjuk Drs Lukman M.MPd usai penandatanganan MoU bersama Ketua Apindo Nganjuk Irfan Leksonoaji, Sabtu (26/8/2023)
Sabtu 26 Agustus 2023

NGANJUK, matakamera.net - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Nganjuk terus berupaya meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) para peserta didiknya.

Demi mendukung upaya tersebut, SMK PGRI 1 Nganjuk menggandeng kalangan profesional, yakni para pengusaha di bidang industri yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Nganjuk.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kepala SMK PGRI Nganjuk Drs Lukman M.MPd dengan Ketua Apindo Nganjuk, Irfan Leksonoaji, pada Sabtu (26/8/2023).

Kepala SMK PGRI 1 Nganjuk Drs Lukman M. MPd., mengatakan, bentuk kerjasama antara sekolah yang dipimpinnya dengan Apindo Nganjuk adalah dalam bidang praktik kerja lapangan (PKL) dan Program Industri Mengajar, yakni mendatangkan guru pengajar dari kalangan pengusaha pelaku industri.

MoU SMK PGRI 1 Nganjuk-Apindo Nganjuk dalam program PKL dan Industri Mengajar

"Kerjasama ini bertujuan u
ntuk meningkatkan mutu SDM (sumber daya manusia) melalui peningkatan mutu pendidikan. Serta, pengembangan tenaga pengajar sesuai dengan perkembangan mutu ilmu pengetahuan dan teknologi dan dunia industri. Di mana, akan dibagi menjadi 8 kompentensi keahlian siswa kelas XII SMK PGRI 1 Nganjuk," terang Lukman, Sabtu (26/8/2023).

Wakil Kepala SMK PGRI 1 Nganjuk Ahmad Adzim M.Pdi menambahkan, kedelapan kompetensi keahlian yang diikutkan dalam program PKL dan Industri mengajar bersama Apindo Nganjuk antara lain adalah Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) serta Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Kemudian, kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listik (TITL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Audio Video (TAV), Teknik Pengelasan (TLas) dan Teknik Permesinan (TPM).

"Program ini memiliki nilai lebih karena langsung melibatkan pelaku profesional di bidang industri. Sehingga, para siswa akan mendapatkan ilmu dan pengalaman secara nyata, tidak hanya di kelas tapi juga langsung praktik di lokasi industri-industri yang tergabung dalam Apindo Nganjuk," urai Ahmad Adzim.

Untuk program PKL, lanjut Adzim, akan diikuti oleh siswa kelas VII dengan selama sekitar 3 bulan. Di mana, pelaksanaannya melibatkan pengawas dan industri, dengan pembimbing dari sekolah.

"Adapun untuk kelas industri mengajar, Apindo Nganjuk akan menugaskan ahli-ahlinya untuk mengajar di kelas, sesuai kompetensi yang dibutuhkan siswa SMK PGRI 1 Nganjuk," pungkas Ahmad Adzim.

Rif/Pas/2023
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System