Pimpinan Baru Baznas Nganjuk Langsung Tancap Gas Tingkatkan Perolehan Donasi

Ketua dan Pimpinan Baznas Nganjuk saat bersilaturahmi dengan Kepala Kejari Nganjuk di kantor kejari setempat, Kamis (24/8/2023)
Jumat 25 Agustus 2023

NGANJUK, matakamera.net - Usai serah terima jabatan (sertijab) dan terbentuknya pimpinan baru periode 2023-2028, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Nganjuk langsung tancap gas. Yakni, dengan melakukan roadshow ke sejumlah instansi Forkopimda Kabupaten Nganjuk, Kamis (24/8/2023).

Rangkaian kunjungan tersebut digelar dalam rangka optimalisasi dan peningkatan perolehan donasi, yang bersumber dari ASN di Kabupaten Nganjuk.

Lokasi pertama roadshow adalah kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk, di Jalan Dermojoyo 22, Payaman, Nganjuk Kota.

Pimpinan Baznas Nganjuk yang diketuai Dr Zainal Arifin ditemui langsung oleh Kepala Kemenag Nganjuk H. Mohammad Afif Fauzi.

Dalam pertemuan tersebut, Afif menyatakan kesiapan instansinya untuk bekerjasama dengan Baznas Nganjuk. Khususnya dalam meningkatkan perolehan sekaligus terlibat langsung dalam proses pengumpulan dan penyaluran donasi kepada yang berhak.

Pimpinan Baznas Nganjuk bersama Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi di Pringgitan Pendopo Pemkab Nganjuk

"Prinsipnya kami siap bekerjasama. Kebetulan selama ini memang koordinasinya lewat zawa (Bidang zakat dan wakaf), " ujar Afif Fauzi.


Afif juga mengajak kepada semua lembaga di lingkungan Kemenag Nganjuk untuk meningkatkan peran sertanya menyukseskan program-program Baznas Nganjuk.

"Alhamdulillah selama ini kami (ASN dibawah Kemenag) sudah rutin setiap bulan menyalurkan infaq, saya kira tinggal meningkatkan dan optimalisasi," tutur Afif Fauzi.

Setelah mengunjungi Kemenag Nganjuk, rombongan Baznas Nganjuk melanjutkan roadshow atau silaturahmi ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Nganjuk. 

Rombongan juga diterima langsung oleh Kepala Kejari Nganjuk Alamsyah, yang mengaku siap berkolaborasi dengan Baznas  dalam program mengentaskan kemiskinan.

"Kita Insya Allah siap. Apalagi ini program untuk umat dalam mengentaskan kemiskinan di Nganjuk," ujar jaksa asal Bengkulu tersebut.

Alamsyah yang baru bertugas di Nganjuk selama kurang lebih delapan bulan ini mengajak kolaborasi bakti masyarakat, khususnya dalam momentum penting di lingkungan Kejari Nganjuk.

"Seperti pada momentum hari Adiyaksa (Ulang tahun Kejaksaan) bisa kita laksanakan kolaborasi dengan Baznas," ucap Alamsyah.

Pimpinan Baznas Nganjuk saat berkunjung ke Kantor Kemenag Nganjuk

Pada tujuan roadshow berikutnya, di Pemkab Nganjuk, Pimpinan Baznas Nganjuk ditemui langsung oleh Bupati Nganjuk H. Marhaen Djumadi.


Dalam pertemuan di ruang pringgitan tersebut, Marhaen menyarankan agar Baznas Nganjuk bisa berkolaborasi dengan semua stakeholder pemerintah, baik dalam pengumpulan, pendayagunaan maupun Pendistribusian.

"Kuncinya bekolaborasi dengan pemerintah dan lembaga-lembaga terkait, Insya Allah sukses dan semakin luas jangkauan manfaatnya," ujar Marhaen Djumadi.

Orang nomor satu di Kabupaten Nganjuk itu juga mewanti-wanti, agar pimpinan Baznas Nganjuk yang baru senantiasa menekankan prinsip-prinsip profesional, akuntabel dan transparan dalam kinerjanya. Sehingga manfaatnya benar-benar nyata.

"Asal profesional, akuntabel dan Auditabel Insya Allah barokah bagi semua," imbuh Marhaen Djumadi.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Nganjuk Dr. Zainal Arifin, M Pdi di sela roadshow mengatakan, ia mengajak semua pihak untuk turut serta dalam upaya mengentaskan kemiskinan melalui lembaga infaq milik pemerintah tersebut.

"Kami adalah Amil masyarakat Nganjuk yang diberi amanah pemerintah, untuk mengelola donasi dari para muzakki dan menyalurkan kepada yang berhak, monggo kita kolaborasi," ujar penggagas tagline Baznas Nganjuk dengan Motto APIK (Amanah, Profesional dB aKuntabel) tersebut.

Karenanya, lanjut Zainal, pihaknya sengaja melakukan gebrakan pertama dalam meningkatkan perolehan Donasi bersumber dari ASN di lingkungan Kabupaten Nganjuk, dengan melakukan roadshow.

"Kita gaspol jemput bola,dalam upaya peningkatan perolehan donasi, sambil silaturahmj ke sejumlah lembaga Pemerintah dan OPD Nganjukm Mohon dukungan semua  masyarakat Nganjuk," tukasnya.

Untuk diketahui, Pimpinan Baznas Nganjuk periode 2023-2028 baru saja dilantik pada Jumat (11/8/2023) di Pendopo KRT Sosro Koesoemo, Pemkab Nganjuk.

Adapun susunan Pimpinan periode ini Ketua Dr Zainal Arifin, Wakil Ketua I Bidang Pengelolaan dan Pengumpulan Zakat Muhammad Roissudin,  Wakil Ketua II Bidang pengelolaan pendistribusian dan pendayagunaan zakat Hj Suraya Khusnaniyati,

Wakil Ketua III bidang pengelolaan perencanaan keuangan dan pelaporan Mukhasanah, serta Wakil Ketua IV. bidang pengelolaan sumber daya amil zakat, administrasi perkantoran, komunikasi umum, dan pemberian rekomendasi, Hendro Joko Sudarsono. (*)

Rif/Pas/2023
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System