Pj Bupati Nganjuk Bahas Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri

Selasa 5 Desember 2023

NGANJUK, matakamera.net - Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna menghadiri langsung Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Kementrian Dalam Negeri, Senin (4/12/2023).

Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tito Karnavian, secara luring dan daring. Rapat diikuti oleh seluruh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) serta seluruh Pj Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Dalam rapat tersebut, Tito menjelaskan adanya kenaikan inflasi dari bulan Oktober ke November. Dimana sebelumnya pada bulan Oktober inflasi di Indonesia sebesar 0,17 persen dan pada bulan November menjadi 0,38 persen.

Adapun penyumbang terbesar inflasi di Indonesia masih disebabkan oleh makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,32 persen.

“Kita perlu waspada betul karena mengalami kenaikan year on year. Dari sisi dunia atau global untuk masalah barang, pangan, jasa. Inflasi tidak terlepas dari dunia. Kita melihat bahwa ekonomi dunia memang sedang melamban, saat ini dari 185 negara di dunia, pertumbuhan ekonomi kita itu 4,94 persen dan ini cukup bagus,” kata Tito Karnavian.

Dalam rapat dibahas pula bagaimana kendala yang dihadapi pemerintah daerab serta solusi-solusi untuk menghadapinya.

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna mengatakan, untuk menjaga stabilitas stok dan harga pangan, Pemerintah Kabupaten Nganjuk akan melaksanakan evaluasi stok padi dan jagung, serta pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) bekerjasama dengan Bulog.

"Pengendalian inflasi dan kemiskinan ekstrim merupakan program pokok oleh diemban oleh kepala daerah sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023 pada bulan Agustus lalu di Istana Negara," ujar Sri.

Rif/Pas/2023/Advertorial
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System