Brimob Jalan Kaki 512 Km, Untuk Apa?

mapolres nganjuk
kapolda saat berkunjung di mapolres nganjuk
,matakamera, Nganjuk – Sejak Senin 18 Januari 2016, ratusan personel polisi brigade mobil (brimob) di wilayah Jawa Timur punya kegiatan istimewa. Selama empat hari berturut-turut sampai 21 Januari 2016, mereka akan berjalan kaki menyusuri rute sepanjang 512 kilometer, bermula dari Alun-Alun Kota Madiun sampai finish di Kota Surabaya. Rute akan melintasi beberapa daerah sekaligus seperti Kabupaten Nganjuk, Kediri, Malang, Pasuruan dan Sidoarjo.

Jalan kaki ini merupakan agenda khusus yang diselenggarakan Polda Jawa Timur untuk mengenang perjuangan salah satu Pahlawan Nasional kita, Almarhum Komjen Polisi (Purn) Moehammad Jasin. Dialah petintis korps kepolisian Brimob di Indonesia dan satu-satunya polisi yang mendapat gelar istimewa sebagai pahlawan. “Kabupaten dan kota yang dilalui peserta dulu adalah tempat bertugas Komjen Jasin, dalam masa perang kemerdekaan ,”,” ujar Irjen Anton saat singgah di Mapolres Nganjuk bersama rombongan siang kemarin. Sebagai penghormatan, sang jenderal pun kemarin tampak mengenakan sergama khusus kebesaran korps Brimob Polri, yakni seragam loreng hijau berbaret biru, yang sekilas mirip seragam TNI.
Sebagai polisi pada zaman penjajahan dulu, lanjut Anton, Komjen Jasin memiliki peranan penting. Senjata yang digunakan saat pergerakan 10 November 1945, misalnya, milik penjajah yang dirampas Polisi Istimewa pimpinan Jasin. “Mungkin tidak aka nada Hari Pahlawan, jika tanpa ada kiriman senjata yang disimpan atau dirampas oleh Pak Jasin," ucap Anton.
Selain itu, Jasin merupakan tokoh yang memproklamasikan bahwa polisi harus mengikuti pemerintah. Karena jasanya tersebut, Jasin dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo pada 4 November 2015 lalu. “Inilah yang perlu diteladani dan menjadi inspirasi polisi masa kini. Agar bisa memberikan pelayanan bagi kesejahteraan anggota dan masyarakat bisa aman,” pungkas sang jenderal.(ab)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname