Jenang kelapa muda,jajanan khas Jombang

jombang
abdul chakim mengolah jenang kelapa muda
matakamera,Jombang-Jika garut punya dodol maka Jombang pun tak mau kalah dengan jenangnya. Ya, jenang khas Kabupaten Jombang Jawa timur, memiliki rasa yang unik dan tahan lama karena terbuat dari kelapa muda, hingga disebutlah jenang kelapa muda. Tak tanggung tanggung, dalam sehari sedikitnya 500 butir kelapa muda diolah dengan campuran gula pasir dan tepung terigu dengan pemasaran hingga ke pulau dewata Bali.

Terletak di barat kota santri tepatnya di Desa Denanyar Kabupaten Jombang, usaha kecil menengah jenang kelapa muda diproduksi. Setiap hari tak henti hentinya para pekerja melakukan aktifitasnya mengemas jenang kelapa muda khas Jombang milik Nur Chakim. Pria generasi kedua dari keluarga Abdul Chakim ini meneruskan usaha orangtuanya memproduksi jenang sejak 10 tahun.

Tentu saja bahan baku utama jenang khas Jombang tersebut adalah kelapa muda dan dalam sehari bisa menghabiskan 500 butir kelapa muda. Setelah dicuci dan dibersihkan kulitnya kelapa muda selanjutnya diiris menjadi enam potongan untuk memudahkan proses penggilingan. Dengan bahan campuran gula pasir dan tepung terigu, gilingan kelapa muda dicampur jadi satu dan dimasukkan ke dalam mesin pengaduk jenang.

Proses pengadukan dalam mesin jenang tersebut memakan waktu antara 8 hingga 9 jam. Setelah jenang sudah masak barulah dikemas untuk selanjutnya dipasarkan ke sejumlah daerah di pulau Jawa hingga ke pulau dewata Bali. Keistimewaan jenang kelapa muda dibandingkan jenang pada umumnya yakni dari rasa yang gurih hingga tahan lama.

”istimewanya lebih tahan lama dan disamping rasanya yang gurih,harganya pun lebih terjangkau dan murah mas,”terang Nur Chakim.

Jika anda berkunjung ke Jombang tak afdol jika tak merasakan nikmatnya jenang kelapa muda. Untuk masalah harga tentu saja tak perlu merogoh kocek dalam dalam, yakni berkisar Rp.8000 hingga Rp.24.000. (as)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname