Serunya Memotret dan Merekam Video Kota Nganjuk dari Angkasa. Kamu Juga Bisa Coba!

matakamera, Nganjuk – Akhir-akhir ini, kita sering melihat tayangan video atau foto di televisi, dengan pengambilan gambar yang unik dari atas langit. Seolah-olah, itu dilakukan oleh juru foto atau tukang shooting yang terbang menumpang helikopter. Padahal sebenarnya, itu adalah jasa dari perangkat kamera canggih bernama drone, alias pesawat remote control tanpa awak yang dilengkapi kamera.
Di jagad hiburan layar kaca, kehadiran teknologi ini sangat membantu pengambilan gambar atau pemandangan dari ketinggian ribuan kaki. Kamera drone juga kerap digunakan oleh traveler untuk mengambil foto selfie mereka. Atau, wartawan saat mendapatkan berita di lokasi yang sulit, sampai instansi pemerintah untuk mengecek kondisi lapangan dari ketinggian angkasa. “Lebih leluasa dan seru pakai alat ini, jadi bisa melihat gambar nyata kondisi seluruh wilayah desa, kecamatan bahkan kabupaten, tanpa harus naik helikopter atau memanjat menara tinggi,” kata Ektavianto, anggota tim SAR bencana alam Nganjuk, yang sudah punya perangkat kamera drone untuk menunjang tugasnya di lapangan.
Baru-baru ini, Ektavianto dan tim penerbang kamera drone-nya mengabadikan kegiatan upacata HUT Satpol PP Nganjuk di lapangan GOR Bung Karno Begadung, Nganjuk. Dengan menggunakan kamera ini, maka dokumentasi kegiatan tidak lagi membosankan hanya dengan foto dan handycam biasa, melainkan bisa mendapat gambar yang luas dan indah ketinggian angkasa. “Di tempat lain juga tidak kalah seru, misalnya di tengah perkampungan, tempat wisata, bahkan bisa melihat puncak Gunung Wilis,” seru Ekta.

2
Jalan raya dan persimpangan KA Awar-Awar, Mancon, Wilangan, Nganjuk, difoto menggunakan kamera drone
Drone komersial umumnya dipasarkan dalam dua tipe. Pertama, drone tanpa kamera, atau kamera dijual secara terpisah. Kedua, drone yang sudah dilengkapi dengan kamera. Sedangkan untuk lensa kameranya sendiri terdiri dari High Definition (HD), Full High Definition (Full HD) dan 4K (4 kali High Definition).
Ada beberapa istilah teknis drone yang umumnya digunakan, di mana beberapa cukup mirip dengan istilah di dunia penerbangan atau pekerjaan seorang pilot pesawat terbang.
Antara lain Tricopter, drone yang mempunyai 3 motor dan 3 baling-baling ; Quadcopter, drone yang mempunyai 4 motor dan 4 baling-baling ; Hexacopter, drone yang mempunyai 6 motor dan 6 baling-baling ;  Octocopter, drone yang mempunyai 8 motor dan 8 baling-baling ;  GPS, sistem satelit navigasi untuk mengetahui letak lokasi secara akurat, take off, artinya drone siap untuk terbang ;
Landing artinya mendarat ; Altitude Mode artinya drone dapat terbang dengan stabil dan terbang dalam posisi diam ; IOC untuk merubah orientasi arah gerak saat drone kehilangan arah ; RTH atau fitur otomatis untuk kembali dan mendarat ke posisi awal terbang ; serta Gimbal atau holder sekaligus penyeimbang kamera
Sebelum membeli, pastikan Anda sudah mempertimbangkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan dari sebuah drone, antara lain jenis kamera, durasi terbang, jarak tempuh, serta desain dan harga. Saat ini di pasaran Indonesia harga drone masih relative mahal dengan kisaran Rp 5-10 juta. Namun begitu, di beberapa toko online sudah menyediakan drone dengan harga murah mulai Rp 1 juta sampai Rp 10 juta.
Ektavianto mengingatkan, bahwa penggunaan drone yang kini semakin populer ternyata tidak boleh sembarangan. Anda tetap harus mengikuti peraturan terbang yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Contohnya, drone dilarang terbang pada malam hari dan di tengah keramaian. Selain itu, penggunaan drone juga dilarang di area bandara.(ab)

Nah, bagi anda yang tinggal di Nganjuk, Kediri dan sekitarnya, dan ingin mengenal lebih dalam seluk-beluk kamera drone, belajar menggunakan kamera, drone, atau ingin menyewa jasa tim kamera drone, bisa bekerjasama dengan tim kamera drone yang dikelola Ektavianto dan rekan-rekannya. Untuk menghubungi mereka bisa melalui kontak redaksi matakamera.net yang ada di dalam website ini, atau SMS ke nomor 0852-3355-0161, aau pin BBM 5e7783fb

2
Wujud salah satu kamera drone jenis quadcopter merek Syma






Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System