Pemkab Akhirnya Salurkan Bantuan Air Bersih ke Desa Ngepung Lengkong

Sejumlah warga Dusun Sendang Gogor, Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, Nganjuk, menunggu giliran mendapatkan bantuan air bersih dari tangki armada BPBD Nganjuk, 22 September 2016 (matakamera.net)
matakamera, Nganjuk - Pemkab Nganjuk melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk akhirnya merespon permintaan bantuan air bersih dari ratusan kepala keluarga (KK) Dusun Sendanggogor dan Dusun Jomblang, Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, yang mengalami krisis air sejak sebulan terakhir. Tiga armada truk pengangkut air bersih dikerahkan untuk didrop ke tandon-tandon persediaan air bersih di beberapa titik di kedua dusun tersebut, pada Kamis 22 September 2016.

“Dua dusun di Desa Ngepung saat ini sangat membutuhkan air bersih. Rencananya dropping akan dilakukan dua hari sekali,” terang Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono. Rata-rata setiap hari bantuan air bersih yang disalurkan mencapai 15.000 liter.

Lebih lanjut Soekonjono menjelaskan, sebenarnya masih ada beberapa desa dan dusun di kecamatan lain yang masuk kategori rawan krisis air. Namun sampai saat ini kondisinya masih normal, apalagi dalam beberapa hari belakangan wilayah Nganjuk sebagian diguyur hujan. Khusus untuk Dusun Sendang Gogor dan sekitarnya, disebut Soeko memiliki karakteristik tersendiri sehingga tetap rawan kekeringan meskipun cuaca sedang hujan. "Karena pengaruh letak geografis dan jenis tanah. Akan dirumuskan penanganan jangka panjang sehingga kedua wilayah tersebut bisa teraliri sumber air bersih sepanjang tahun," ucap Soeko.

Dia memberi contoh sejumlah titik rawan kekeringan di Kecamatan Ngluyu dan Gondang, yang dalam beberapa tahun terakhir sudah dibangunkan sumur geolistrik yang bisa menembus kedalaman tanah hingga 100 meter, untuk memancarkan sumber air bersih sepanjang tahun. (ab)

(Panji LS)
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname