Tanah Longsor di Bendolo Sawahan, Jalur Nganjuk-Madiun Terputus

nganjuk
Kondisi jalan aspal yang tertutup material tanah longsor di Desa Bendolo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, sehari usai kejadian 18 Januari 2017 (matakamera/foto:istimewa)
matakamera, Nganjuk – Bencana tanah longsor masih terus terjadi di kawasan selatan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Yang terbaru pada Selasa malam, 17 Januari 2017, di Desa Bendolo, Kecamatan Sawahan. Material tanah di tebing setinggi sekitar 20 meter ambles menimbun jalan aspal di bawahnya.

Jalur tersebut adalah penghubung antara Desa Bendolo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk dengan Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Longsor diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.00 WIB.

Sampai Rabu pagi 18 Januari 2017, jalan alternatif Nganjuk-Madiun itu masih tertutup total. Masyarakat desa setempat harus bergotong royong untuk membersihkan material longsoran dengan alat seadanya seperti cangkul dan sekop. “Longsor terjadi akibat hujan deras sejak Selasa sore,” ujar Kepala Desa Bendolo Salim.

Meskipun pembersihan material sudah dilakukan, pengguna jalan khususnya roda 2 diingatkan untuk hati-hati melintasi lokasi longsor. Pasalnya, kondisi jalan masih licin karena sisa material tanah.

Relawan BPBD Nganjuk Ektavianto menambahkan, curah hujan tinggi diprediksi masih akan mengguyur kawasan Sawahan sampai beberapa hari ke depan. Karena itu, warga yang tinggal di wilayah rawan bencana agar lebih waspada. “Tim relawan juga rutin memantau dan bersiaga, terutama jika sudah turun hujan deras,” ujarnya.(ab)

Data kejadian tanah longsor di Kabupaten Nganjuk Januari 2017 :

6-7 Januari 2017
Tanah longsor menimpa rumah-rumah warga di Desa Bajulan, Loceret

11 Januari 2017
Tanah longsor menimpa rumah warga di Dusun Gedangklutuk, Desa/Kecamatan Sawahan

16 Januari 2107
Tanah longsor menimpa pemukiman warga di Dusun Sembung, Desa Margopatut, Sawahan

17 Januari 2017
Tanah longsor menutup jalan Nganjuk-Madiun di Desa Bendolo, Sawahan

(Panji Lanang Satriadin)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname