Tolong Pak Bupati! Ada Anak Sekolah Terlempar ke Lubang ‘Ranjau’

nganjuk
Kondisi longsor yang menggerus sebagaian besar jalan poros Gemenggeng-Mungkung, Rejoso, Nganjuk, dan telah memakan korban salah satu anak SMP warga setempat (matakamera/foto : dok.bpbd)
Sabtu 18 Maret 2017 | by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk – Kerusakan parah di jalan poros Desa Mungkung Rejoso-Desa Gemenggeng Bagor, terjadi secara bertahap sejak 2015. Laporan kejadian terbaru pada Februari 2017 lalu, ketika sebagian besar badan jalan longsor alias sol, menyisakan lubang besar menganga sedalam sekitar 3 meter.

Titik lokasinya berada di Dusun Tawang, Desa Gemenggeng, Bagor, dengan diameter lubang mencapai 5 meter, sementara yang tersisa hanya sebagaian kecil aspal selebar 20 sentimeter di sisi utara. Jalan ini menjadi akses transportasi vital bagi ribuan warga setempat, juga menghubungkan ke beberapa disekitarnya diantaranya, Desa Gempol Rejoso dan Desa Kedungdowo Sukomoro. “Karena itu masih banyak yang nekat lewat di dekat jalan rusak itu, termasuk anak-anak sekolah,” kata Kepala Desa Mungkung Herry Susanto.

nganjuk
Jalan aspal ambles juga terjadi di beberapa titik lain, di sepanjang jalan Gemenggeng-Mungkung (matakamera/ist)
Sang kades bahkan menyebut, sudah ada salah satu warganya, seorang siswa SMP yang menjadi korban. Tubuhnya terlempar ke dasar lubang jalan yang ambles ketika lewat untuk berangkat ke sekolah. Sementara sepeda motornya terguling ke sisi utara, yang merupakan pematang sawah. “Mengalami luka-luka,” ujar Herry.

Tak mau jatuh korban lagi, Herry pun kini mengimbau warganya mengambil jalur di desa lain meskipun jaraknya lebih jauh. Selain itu, dia juga sudah menyurati Bupati Nganjuk dan Dinas Pekerjaan Umum untuk secepatnya mungkin melakukan perbaikan.”Tapi belum ada perbaikan permanen sampai sekarang,” tukasnya. Upaya penanangan sementara hanya dilakukan oleh relawan BPBD Nganjuk dengan menutup lubang menggunakan lembaran gedhek bambu. (ab/2017)


Lihat : Profil Redaksi Matakamera Nganjuk

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname