Cerita Si Bajindul, dari Nganjuk ke Korea Selatan, Kini Jadi Vloger Terkenal

nganjuk
Redi 'Bajindul' Parindra bersama seorang gadis Korea Selatan, saat mencoba wahana permainan ekstrem di Kota Seoul (matakamera/source Youtube : Gokil Abis)
Jumat 8 September 2017 ||
Edited by Panji Lanang Satriadin

matakamera – Belakangan ini, media sosial dan stasiun televisi nasional sering menampilkan sosok seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan, yang punya hobi membuat video blog (vlog) di Youtube.

Nama aslinya adalah Redi Parindra Sidik Cahyono. Namun di unggahan vlog-nya, pemuda 25 tahun ini kerap menyebut diri sebagai ‘Bajindul’. Dia mendadak terkenal gara-gara aksi polos dan logat Jawa-nya yang medok, bercampur dengan bahasa Korea.

Salah satu videonya yang mencuri perhatian, adalah ketika Bajindul sedang menaiki wahana ekstrem di sebuah taman hiburan di Seoul Grand Park, Korsel. Dia melakukan aksi kocak sambil duduk di samping gadis Korea.

“Sekarang kali ini mau numpak (naik) perahu-perahuan Gaes,” celetuk Bajindul dengan logat Jawa kental.

Saat ini sudah ada puluhan video yang diunggah si Bajindul, di channel Youtube yang diberi nama Gokil Abis, alias Gosong Kileng-Kileng Abis.

Selain video kocak, Bajindul tak jarang mengunggah tayangan yang inspiratif. Dia juga tak sungkan memperlihatkan pekerjaannya, bahkan membeberkan gajinya sebagai TKI di Korea.

Ia juga menceritakan bagaimana bisa sampai ke Korea Selatan dengan modal ijazah SMA. "Aku lulus SMA di Nganjuk tahun 2010, nganggur 3 bulan. Nggak betah di rumah Gaes. Merantau di Gresik, bekerja jadi sopir, sampai bertani bawang merah," ujar Bajindul.

Bajindul tercatat pernah bersekolah di SPP-SPMA Nganjuk tahun 2007 sampai 2010. Dia saat itu sehari-hari tinggal di Desa Bulu Putren, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. 

Vlog Bajindul yang menceritakan lika-liku proses hingga dia bisa bekerja di Korea Selatan (Youtube : Gokil Abis)

Di masa kecilnya, Bajindul juga pernah tinggal berpindah-pindah antara lain Gresik, Jombang, Magetan, hingga Kediri.

Pada tahun 2012, Bajindul tak sengaja melihat brosur di warung kopi di desanya. Brosur berisi lowongan bekerja di Korea Selatan dengan gaji Rp 10-15 juta. Dengan modal keberanian dan tabungan senilai Rp 2,5 juta, Bajindul pun ikut serta dalam pembelajaran Bahasa Korea dan bisa pergi ke Korea Selatan untuk bekerja.

Dalam setiap videonya, Bajindul selalu mengingatkan tujuannya membuat video tersebut bukanlah untuk menyombongkan diri. Tetapi untuk berbagi pengalaman dan motivasi kepada pekerja di Indonesia.

"Masih kurang bersyukur kah kamu? Kita semua sama, setiap orang pasti ingin memiliki yang lebih, cuman, tahukan kamu, bahwa seseorang itu punya kriteria, rejeki yang berbeda-beda, jalani apa yang ada saat ini. Tetap semangat, lihatlah masih banyak yang ada di bawah kamu," ujar Bajindul.

video aksi kocak Bajindul saat mencoba wahana ekstrem (Youtube : Gokil Abis)

Konten vlog yang apa adanya dan tidak dibuat-buat ini membuat banyak orang, khususnya warga Indonesia tertarik untuk menonton aksi kocak dari Bajindul. Banyak yang memuji kejujuran dan semangat motivasi yang ingin disampaikan Bajindul.


Dia adalah contoh anak muda kreatif, yang bisa memanfaatkan waktu luang di negeri orang dengan membuat konten video positif di media sosial. Kini, Bajindul juga mendapat bayaran dari Youtube, karena tayangan-tayangan vlog-nya laris-manis ditonton orang.(ds/ab/2017)  
Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname