Salurkan PIP di Nganjuk, Suryo Alam Jadi Rebutan Emak-Emak

Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam berada di tengah para orangtua siswa penerima PIP, di Desa Ngrawan, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Sabtu 26 Januari 2019 (foto : Panji)

Sabtu 26 Januari 2019
by Panji LS

matakamera, Nganjuk - Program Indonesia Pintar (PIP) yang berwujud bantuan tunai, awal tahun ini kembali disalurkan kepada ratusan peserta didik sekolah di Kabupaten Nganjuk.

Kali ini yang merasakan manfaatnya adalah 296 peserta didik SMP Negeri 1 Berbek. Paket bantuan PIP dari pusat ini diserahkan langsung oleh Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam, pada Sabtu sore 26 Januari 2019, di Balai Desa Ngrawan, Kecamatan Berbek.

Program PIP ini sebagai wujud tunjangan pendidikan melalui jalur aspirasi DPR-RI.

Dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, ratusan orang tua wali murid sudah berjubel di areal Kantor Balai Desa Ngrawan. Bahkan, hingga meluber ke halaman sampai di tepi jalan raya. Mereka antusias karena bantuan diserahkan secara langsung oleh Suryo Alam,  yang kini duduk di Komisi Pendidikan DPR-RI.

Suryo Alam sendiri tak hanya berbicara di depan podium, tetapi juga berkeliling dan membaur di tengah kerumunan orang tua wali murid. Tak pelak, politisi Partai Golkar ini menjadi rebutan foto selfie, terutama emak-emak.

Sudah belasan ribu peserta didik, di dapil Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam, yang telah menerima manfaat program PIP (foto : panji)

Program PIP melalui jalur aspirasi DPR-RI memang jauh lebih efektif dirasakan manfaatnya oleh peserta didik.

Menurut Suryo Alam, program ini secara konsisten telah dihadirkan ke Kabupaten Nganjuk sejak tahun 2018 lalu.

Bersama relawan Bolo Suryo, Suryo Alam awalnya melakukan pendataan ulang sebelum bantuan disalurkan. Hasilnya, puluhan ribu peserta didik Kabupaten Nganjuk akhirnya bisa menerima program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing peserta didik.

Tahun ini, jumlah peserta didik yang mendapat PIP berjumlah total 7268 peserta didik, yang terdiri dari 1081 peserta didik untuk tingkat SMP, 3247 peserta didik untuk tingkat SD, 1336 peserta didik untuk tingkat SMA, dan 1622 peserta didik untuk tingkat SMK.

“Program ini jelas peruntukannya. Untuk menunjang peserta didik agar dalam menempuh bangku pendidikan tidak sampai mengalami masalah terutama tentang biaya, meskipun sekolah itu gratis. Sudah belasan ribu peserta didik penerima PIP jalur aspirasi DPR RI, dari berbagai jenjang pendidikan,” ujar Suryo Alam.

Siti Aliyah, salah satu orangtua murid penerima PIP asal Desa Milir, Kecamatan Berbek mengaku sangat bersyukur, dan berterima kasih kepada Suryo Alam, yang telah mewujudkan bantuan PIP untuk anaknya.

Siti juga berharap, Suryo Alam dapat terpilih kembali menjadi AnggotaDPR-RI periode kedua.
“Semoga Bapak Suryo bisa terus menjadi wakil rakyat, yang bisa mengayomi warganya seperi program PIP ini,” ujar Siti dengan wajah sumringah.

(ds/ab/2019)

Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname