Kembali Salurkan Beasiswa PIP di Nganjuk, Suryo Alam : Semua Desa dan Kecamatan Kebagian

Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam Ak.MBA menyerahkan secara simbolis paket beasiswa PIP kepada orangtua peserta didik, di Posko Bolo Suryo Nganjuk, Jumat 1 Maret 2019 (ist)

Jumat 1 Maret 2019
by Panji Lanang Satriadin

matakamera, Nganjuk - Bukan janji semata, sejak 2018 sampai sampai saat ini, Anggota DPR-RI Mohammad Suryo Alam sudah membagikan puluhan ribu paket beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), untuk peserta didik di Kabupaten Nganjuk.

Tahun 2019 ini, sampai bulan Februari, Suryo Alam melalui jalur aspirasi DPR-RI telah menyalurkan 5 ribu lebih paket beasiswa PIP untuk peserta didik SD, SMP,  dan SMA/SMK, dari total 11.156 paket yang akan dibagikan di Kabupaten Nganjuk.

“Paket ini sudah disalurkan secara merata di hampir semua desa dan kecamatan di Nganjuk,” ujar Suryo Alam, saat membagikan beasiswa PIP di Posko Bolo Suryo, Jalan Mastrip, Kelurahan Ganungkidul, Kecamatan Nganjuk, Jumat 1 Maret 2019.

Dalam penyaluran di Posko Bolo Suryo tersebut, ada sekitar 294 wali murid dan peserta didik yang menerima bantuan. Mereka berasal dari 119 sekolah, dan dari berbagai desa dan kecamatan. Paket bantuan diserahkan langsung oleh Suryo Alam, disaksikan oleh mantan Wakil Bupati Nganjuk KH. Abdul Wachid Badrus.

Sejumlah anak peserta didik SD ikut dalam penyerahan beasiswa PIP di Posko Bolo Suryo Nganjuk (ist) 

Program PIP melalui jalur aspirasi DPR-RI memang jauh lebih efektif dirasakan manfaatnya oleh peserta didik. Hal ini seperti dijelaskan Suryo Alam, ketika ada salah satu wali murid  yang bertanya mengenai kekhawatiran akan dipersulit saat pencairan uang.

“Uangnya langsung diambil sendiri oleh bapak dan ibu di bank. Tidak lewat sekolah, tidak ada potongan-potongan. Langsung datang saja ke bank yang ditunjuk. Cukup bawa surat dari saya, KTP, KK, dan kartu pelajar,” terang legislator Senayan dari Dapil VIII Jawa Timur ini.

Bersama relawan Bolo Suryo, politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu awalnya melakukan pendataan sebelum bantuan disalurkan. Hasilnya, puluhan ribu peserta didik Kabupaten Nganjuk akhirnya bisa menerima program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing peserta didik.

Adapun besaran beasiswa PIP untuk peserta didik SD sebesar Rp 450 ribu, peserta didik SMP sebesar Rp 750 ribu, dan peserta didik SMA/SMK sebesar Rp 1 juta.

Secara total pada tahun 2019 ini, Suryo Alam melalui jalur aspirasinya menyalurkan 11.156 beasiswa PIP di Kabupaten Nganjuk (ist)

“Program ini jelas peruntukannya. Untuk menunjang peserta didik agar dalam menempuh bangku pendidikan tidak sampai mengalami masalah terutama tentang biaya, meskipun sekolah itu gratis.
Untuk total PIP jalur aspirasi DPR RI mencapai 14 ribu lebih peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan,” pungkasnya.

Sementara itu, mantan Wakil Bupati Nganjuk KH. Abdul Wachid Badrus, mengatakan, di yayasan sekolahnya sendiri, Yayasan Al Khoiriyah, sudah lebih dari 300 peserta didik yang telah merasakan manfaat beasiswa PIP.

Karena itu, Gus Wachid, sapaan akrabnya, mengaku sangat terkesan dengan langkah konkret Suryo Alam tersebut.

“Yang lain cuma lewat dan bablas. Tapi Beliau (Suryo Alam) tidak sekadar datang, tapi sekaligus membagikan paket bantuan PIP untuk masyarakat Nganjuk,” ungkap Gus Wachid.

Pernyataan Gus Wachid bukanlah isapan jempol.  Kesuksesan penyaluran PIP di sekolah-sekolah seluruh wilayah Nganjuk, mulai jenjang SD,SMP hingga SMA dan sederajat, adalah bukti nyata bahwa posisi Suryo Alam di Komisi X DPR-RI, sudah memberi banyak manfaat langsung kepada masyarakat Nganjuk secara cepat, tepat dan efektif.

“Karena itu, bapak-bapak dan ibu-ibu wali murid, kalau mau terus mendapatkan PIP, ya  jangan lupa sama Pak Suryo Alam. Mari kita dukung untuk periode berikutnya di DPR-RI,” celetuk Gus Wachid disambut tepuk tangan riuh hadirin.

Endang Setyowati, salah satu orangtua penerima beasiswa PIP mengatakan, dia sangat bersuyukur dan berterima kasih, karena kini beban biaya sekolah anaknya di SDN Sudimoroharjo 2 Wilangan menjadi lebih ringan.

“Alhamdulillah. Terima kasih banyak untuk Bapak Suryo Alam. Kami semua berdoa dan mendukung semoga Bapak terpilih lagi jadi Anggota DPR-RI,” tukas Endang.

(ds/ab/ads/2019)


Share on Google Plus

About Matakamera

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname